ANALISIS SIKAP SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA DARING

Sri Sulastri, Taupik sopyan, Yoyon Sutresna

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap siswa terhadap model pembelajaran Discovery Learning secara daring. Waktu Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas.. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif . Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengukur sikap siswa terhadap model pembelajaran Discovery Learning secara daring yang terdiri dari 20 pernyataan .Data yang diperoleh dari angket adalah data ordinal. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis regresi ordinal. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap siswa dalam merespon model pembelajaran Discovery Learning secara daring memiliki kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan model pembelajaran Discovery Learning secara daring , baik digunakan pada pembelajaran biologi. Kata Kunci : Discovery Learning , pembelajaran daring, sikap siswa

Teks Lengkap:

hal 25-29 (Download PDF)

Referensi


Abidin Zainal, et al. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. 5(1), 64-70. Jurnal ilmiah profesi pendidikan.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013) Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta PT. Bumi Aksara

Dahlia. (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kompetensi Ranah Afektif Siswa Pada Materi Pelajaran Biologi Kelas VIII MTsN Rambah. 1(5), 67-71

Lestari, K. E. Dan Yudhanegara, M.R. (2017) Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung Refika Aditama

Martisari, I. (2014). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Strategi Pembelajaran Inquiri Dan Discovery Learning Dalam Mata Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VIII Di SMP Penda Tawangmangu Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Biologi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakata

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Priansa, donni, J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran: Bandung. Pustaka Setia

Sanjaya, W . (2008). Perencanaan Dan Desain Sistem Belajar. Jakarta. PT Fajar Interpratama Mandiri

Simbolon, E.R., Tampilow, F.S. (2015) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Berfikir Kritis Siswa SMP. 7(1):99-104

Sipa. A. et al (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Afektif Siswa Pada Materi Virus Di Kelas X Sma Negeri 2 Kota Jambi.1-15

Sugiyono, (2018) Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2015). Statistika untuk penelitian. Bandung. Alfabeta

Sudjana,N. (2005). Metoda Statistika . Bandung: Tarsito

Sudjana, N. (2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar: Bandung. PT Remaja Rosdyakarya

Suherman, Erman dan Tarmudi. (2013). Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung Wijayakusumah.

Wardani, Sri. (2010). Pembelajaran Inkuiri Model Silver Untuk Mengembangkan Kreativitas Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi UPI. Bandung : Tidak Diterbitkan

Widaningsih, Dedeh (2010). Perencanaan Pembelajaran Matematika. Paket Modul Pembelajaran. Bandung Rizqi Press




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v9i2.6384

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.






 
Jurnal ini terindeks :