PENERAPAN ASESMEN KINERJA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HABITS OF MIND SISWA PADA MATERI PLANTAE
Sari
Teks Lengkap:
Downlaod PDF (hal 58-64)Referensi
Akpan, I.U. & Etim, E.E. (2013). The Influence of Classroom Assessment on Students’ Academic Performance in Biology in Akwa Ibom State. Dalam International Journal of Modern Management Sciences [Online], Vol 2(1), 1-6.
Anderson, J. (2004). Where do Habits of Mind fit in the Curriculum ? In C. Owen (Ed.), Habits of Mind: A Resource Kit for Australia School (pp. 54-56). Lindfield, NSW: Australian National School Network Ltd.
Anwar, C. (2005). Penerapan Penilaian Kinerja (Performance Assessment) dalam Membentuk Habits of Mind Siswa Pada Konsep Lingkungan. Tesis pada Sekolah Pascasarjana Pendidikan IPA UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Arends, R.I. (2008). Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Burgess, H. (2012). The Impact of Teaching Thinking Skills as Habits of Mind to Young Children with Challenging Behaviours. Journal Routledge Taylor & Francis Group-Emotional and Behavioural Difficulties. 17 (1).
Campbell, J. (2006). Theorising Habits of Mind as a Framework for Learning. [Online]. Paper Presented at the AARE Annual Conference, Adelaide [ 5 Maret 2016]
Campbell, N.A. dan Reece, J.B. (2008). Biologi Edisi Kedelapan Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Costa, A.L. & Kallick, B. (2000). Describing 16 Habits of Mind. Habits of Mind: A Development Series. Alexandria, V.A. [Online]. Tersedia: http://www.csnh.edu/documents/CCSNHMLC_habits_of_mind_Costa_Kallick. [23 Februari 2016].
Dahar, M.W. (1996). Teori – Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Atas.
Hidayat, E.B. (1995). Anatomi Tumbuhan Berbiji. Bandung: ITB.
Hunt, Koenders & Gynnild. (2011). Assessing Practical Laboratory Skills in Undergraduate Molecular Biology Courses. Edith Cowan University Research Online [Online]. Vol 37(7), 861-874.
Inch, E. S., Warnick, B., & Erdres, D. (2006). Critical Thinking and Communication: The Use of Reason Argument (Fifth Ed). Boston: Allyn and Bacon.
Mahardi, A., & Sumarmo, U. (2011). Pengaruh Strategi Mathematical Habits of Mind (MHM) Berbasis Masalah Terhadap Kreatifitas Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 2. (XXX), 216-229.
Marzano, Pickering, and McTighe. (1993). Assessing Students Outcomes. Performance Assessment Using the Dimensions of Learning Model. Alexandria, Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.
Masnur, M. (2011). Authentic Assessment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Yogyakarta: Refika Aditama.
Mirna, M. (2014). Penggunaan Performance Assessment (Penilaian Kinerja) Pada Pembelajaran Biologi Dengan Kurikulum 2013. UIN Syarif Hidayatullah Bandung: Tidak Diterbitkan.
Nukhbatul, B. H. (2013). Penerapan Asesmen Kinerja Untuk Meningkatkan Kemampuan Habits of Mind dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa Kelas XI. Tesis pada Sekolah Pascasarjana Pendidikan IPA UPI Bandung: tidak diterbitkan
Nuryani, R. (2008). Habits of Mind in Learning Science and Its Assessment [Online]. [9 Februari 2016].
Purwanto, N. (2003). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahmat, A. (2007). Learning Dimensions Based Teaching. Makalah Simposium Nasional Penelitian Pendidikan. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Rosanti, D. (2013). Morfologi Tumbuhan. Jakarta: Erlangga.
Sarwono, J. (2009). Statistik itu Mudah Panduan Lengkap Belajar Komputasi Statistik Menggunakan SPSS 16. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sholeh, H.M. (2011). Standar Mutu Penilaian dalam Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.
Sriyati, S. (2011). Peran Asesmen Formatif Dalam Membentuk Habits Of Mind Mahasiswa. Disertasi Sekolah Pascasarjana UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.
Steven, M., William, L., & Cheryl, A. (2012). What Really Matters: Assessing Individual Problem-Solving Performance in the Context of Biological Sciences. Dalam International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning [Online], Vol 5(1).
Sudijono, A. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, A. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tjitrosomo, S. S. (2010). Botani Umum 3. Bandung: Angkasa Bandung.
Trihendardi, C. (2009). 7 Langkah Mudah Melakukan Analisis Statistik Menggunakan SPSS 17. Yogyakarta:Andi.
Winahyu, S.E. (1997). Penerapan Penilaian Kinerja (Performance Assessment) untuk Menilai Kemampuan Siswa dalam Merancang dan Membuat Hasil Karya Berdasarkan Konsep Udara pada Pembelajaran IPA di SD. Tesis Magister pada PPS UPI: Tidak Diterbitkan.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v10i2.8734
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-sa4.footer##
Jurnal ini terindeks :