PENERAPAN ASESMEN KINERJA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN HABITS OF MIND SISWA PADA MATERI PLANTAE

Giena Sitha Supriatna

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai penerapan asesmen kinerja dalam meningkatkan kemampuan habits of mind (HoM) siswa pada materi plantae. Metode penelitian yang digunakan adalah Weak Experiment dengan desain one-group pretest-postest design. Sampel penelitian terdiri dari 36 orang siswa pada kelas X-7 di SMAN 1 Cigugur Kuningan, dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian terdiri dari angket habits of mind awal dan akhir, lembar observasi, serta angket respon siswa. Analisis data penelitian menggunakan nilai normalisasi gain, uji one sample test dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan habits of mind siswa setelah penerapan asesmen kinerja mengalami peningkatan dengan rata-rata n-gain sebesar 0,21 dalam kategori rendah. Terdapat korelasi yang tidak signifikan antara asesmen kinerja terhadap habits of mind secara keseluruhan. Asesmen kinerja memiliki sedikit kontribusi terhadap peningkatan kemampuan keseluruhan habits of mind sebesar 3,7%. Sebesar 8,4% peningkatan kemampuan masing-masing kategori habits of mind dipengaruhi oleh asesmen kinerja. Kesimpulannya, penerapan asesmen kinerja pada pembelajaran plantae mendapat respon positif dari siswa serta dapat meningkatkan kemampuan habits of mind siswa dalam cakupan yang rendah.

Teks Lengkap:

Downlaod PDF (hal 58-64)

Referensi


Akpan, I.U. & Etim, E.E. (2013). The Influence of Classroom Assessment on Students’ Academic Performance in Biology in Akwa Ibom State. Dalam International Journal of Modern Management Sciences [Online], Vol 2(1), 1-6.

Anderson, J. (2004). Where do Habits of Mind fit in the Curriculum ? In C. Owen (Ed.), Habits of Mind: A Resource Kit for Australia School (pp. 54-56). Lindfield, NSW: Australian National School Network Ltd.

Anwar, C. (2005). Penerapan Penilaian Kinerja (Performance Assessment) dalam Membentuk Habits of Mind Siswa Pada Konsep Lingkungan. Tesis pada Sekolah Pascasarjana Pendidikan IPA UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Arends, R.I. (2008). Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Burgess, H. (2012). The Impact of Teaching Thinking Skills as Habits of Mind to Young Children with Challenging Behaviours. Journal Routledge Taylor & Francis Group-Emotional and Behavioural Difficulties. 17 (1).

Campbell, J. (2006). Theorising Habits of Mind as a Framework for Learning. [Online]. Paper Presented at the AARE Annual Conference, Adelaide [ 5 Maret 2016]

Campbell, N.A. dan Reece, J.B. (2008). Biologi Edisi Kedelapan Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Costa, A.L. & Kallick, B. (2000). Describing 16 Habits of Mind. Habits of Mind: A Development Series. Alexandria, V.A. [Online]. Tersedia: http://www.csnh.edu/documents/CCSNHMLC_habits_of_mind_Costa_Kallick. [23 Februari 2016].

Dahar, M.W. (1996). Teori – Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Atas.

Hidayat, E.B. (1995). Anatomi Tumbuhan Berbiji. Bandung: ITB.

Hunt, Koenders & Gynnild. (2011). Assessing Practical Laboratory Skills in Undergraduate Molecular Biology Courses. Edith Cowan University Research Online [Online]. Vol 37(7), 861-874.

Inch, E. S., Warnick, B., & Erdres, D. (2006). Critical Thinking and Communication: The Use of Reason Argument (Fifth Ed). Boston: Allyn and Bacon.

Mahardi, A., & Sumarmo, U. (2011). Pengaruh Strategi Mathematical Habits of Mind (MHM) Berbasis Masalah Terhadap Kreatifitas Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 2. (XXX), 216-229.

Marzano, Pickering, and McTighe. (1993). Assessing Students Outcomes. Performance Assessment Using the Dimensions of Learning Model. Alexandria, Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Masnur, M. (2011). Authentic Assessment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. Yogyakarta: Refika Aditama.

Mirna, M. (2014). Penggunaan Performance Assessment (Penilaian Kinerja) Pada Pembelajaran Biologi Dengan Kurikulum 2013. UIN Syarif Hidayatullah Bandung: Tidak Diterbitkan.

Nukhbatul, B. H. (2013). Penerapan Asesmen Kinerja Untuk Meningkatkan Kemampuan Habits of Mind dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa Kelas XI. Tesis pada Sekolah Pascasarjana Pendidikan IPA UPI Bandung: tidak diterbitkan

Nuryani, R. (2008). Habits of Mind in Learning Science and Its Assessment [Online]. [9 Februari 2016].

Purwanto, N. (2003). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahmat, A. (2007). Learning Dimensions Based Teaching. Makalah Simposium Nasional Penelitian Pendidikan. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Rosanti, D. (2013). Morfologi Tumbuhan. Jakarta: Erlangga.

Sarwono, J. (2009). Statistik itu Mudah Panduan Lengkap Belajar Komputasi Statistik Menggunakan SPSS 16. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sholeh, H.M. (2011). Standar Mutu Penilaian dalam Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.

Sriyati, S. (2011). Peran Asesmen Formatif Dalam Membentuk Habits Of Mind Mahasiswa. Disertasi Sekolah Pascasarjana UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

Steven, M., William, L., & Cheryl, A. (2012). What Really Matters: Assessing Individual Problem-Solving Performance in the Context of Biological Sciences. Dalam International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning [Online], Vol 5(1).

Sudijono, A. (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tjitrosomo, S. S. (2010). Botani Umum 3. Bandung: Angkasa Bandung.

Trihendardi, C. (2009). 7 Langkah Mudah Melakukan Analisis Statistik Menggunakan SPSS 17. Yogyakarta:Andi.

Winahyu, S.E. (1997). Penerapan Penilaian Kinerja (Performance Assessment) untuk Menilai Kemampuan Siswa dalam Merancang dan Membuat Hasil Karya Berdasarkan Konsep Udara pada Pembelajaran IPA di SD. Tesis Magister pada PPS UPI: Tidak Diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v10i2.8734

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA