HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR SUB KONSEP OPTIK PISIK TENTANG GANGGUAN PENGLIHATAN MATA DENGAN SIKAP SISWA TENTANG KESEHATAN MATA

endang hardi

Sari


Perkembangan dunia dan teknologi saat ini berlangsung sangat cepat bersama dengan tuntutan pembaharuan yang daharapkan berjalan terus disegala bidang pendidikan sebagai upaya pembentukan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia karena memegang peranan yang sangat penting dan era strategis. Dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) guru dituntut untuk bisa memahami sifat-sifat individu peserta didik. Ranah kognitif, afektif dan psikomotorik adalah yang harus dicapai dalam prinsip Kurikulum Dua Ribu Tiga Belas.Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui hubungan hasil belajar sub konsep optik phisik mata dan gangguan penglihatan dengan sikap siswa tentang kesehatan mata pada siswa kelas XI Penelitian ini dilaksanakan  di SMA Negeri 3 Ciamis yang berjumlah 4 kelas, sampel pada penelitian ini adalah 2 kelas yang diambil secara simple random sampling sebanyak 40 orang. Untuk mengukur pemahaman siswa digunakan tes hasil belajar dan untuk mengukur sikap siswa digunakan tes sikap Skala Likert. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi.Hasil penelitian terdapat hubungan positif antara pemahaman siswa tentang konsep mata (X) dan gangguan penglihatan dengan sikap siswa tentang kesehatan mata (Y) dengan koefisien korelasi rhitung = 0,44 dan koefisien korelasi rtabel = 0,320. Berdasarkan hasil penelitian, pengujian data dan pengujian hipotesis, maka diperoleh kesimpulan bahwa semakin baik pemahaman siswa tentang konsep mata, semakin baik pula sikap siswa tentang kesehatan mata. Besar “ pengaruhnya” ditentukan oleh koefisien determinasi rtabel = 0,44.    Kata kunci : sikap, kesehatan mata, optik

Referensi


Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. (2012). Belajar dan Pembelajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung ; Alfabeta.

Hamalik, O. (2008). Proes Belajar Mengajar. Jakarta : Sinar Grafik.

Kariadinata, R dan Abdurahman, M. (2012). Dasar-Dasar Statistik Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia.

Kartasapoetra, G. Dan H. Masetyo. (2005). Ilmu gizi : Korelasi, Gizi Dan Kesehatan Dan Produktivitas Kerja. Jakarta : rineka Cipta.

Nurgana, Endi. (1985). Statistika Untuk Penelitian.Bandung : Permadi

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta ; PT. Rineka Cipta.

Sudjaba, Nana. (2009). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Wasis dan Irianto, Yuli. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v10i2.8829

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA