PENGGUNAAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EVOLUSI

Rika Rachmayanti

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Resitasi dalam meningkatkan hasil belajar mata pelalajaran Biologi pokok bahasan Evolusi. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah murid murid kelas XII MIPA 3 SMA Negeri 3 Cimahi tahun pelajaran 2019 - 2020 dengan jumlah murid sebanyak 38 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan metode Resitasi untuk meningkatkan hasil belajar mata pelalajaran Biologi. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, teknik tes, dan dokumentasi. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1)Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi dan Evaluasi. Temuan dalam penelitian bahwa penerapan metode Resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Ketuntasan hasil belajar murid pada siklus I sebanyak 17 orang (44,7 %) yang belum tuntas dan 21 orang (55,3 %) siswa yang tuntas. Sedangkan pada siklus II yang belum tuntas 3 orang (7,9 %) dan yang tuntas melebihi 75 %, yaitu dengan ketuntasan sebanyak 35 orang murid (92,1 %) dari KKM yang telah ditetapkan, yaitu 77.Kata Kunci : Metode Resitasi, dan Hasil Belajar Biologi

Teks Lengkap:

Download PDF (hal 71-84)

Referensi


Abdorrahkman Gintings (2008), Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Humaniro

Abdul Aziz Wahab (2009), Metode dan Model-Model Mengajar IPS, Bandung: Alfabeta

Agus Suprijono (2009), Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Anas Sudijono (2004), Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Aunurrahman (2009), Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2009

Dazikiah Daradjat (2008), Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara

Depdikbud (2002), Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Depdiknas (2004), Rambu-Rambu Penetapan Ketuntasan Belajar Minimum dan Analisis Hasil Pencapaian Standar Ketuntasan Belajar, Jakarta

Dimyati dan Mudjiono (2000), Belajar dan Proses Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

E. Mulyasa (2008), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Ibrahim dan Nana Syaodih (2003), Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Nana Sudjana (2009), Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo

Roestiyah (2008), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta

Rusdin P (2007), Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Lanarka Pibilisher

Sobry Sutikno (2009), Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Prospect

Suharsimi Arikunto (1998), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta

Syaiful Bahri Djamarah (2006), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v10i2.8900

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Jurnal ini terindeks :

Google Schoolar Garuda Dimension Crossref SINTA