Pengaruh Budaya Organisasi dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk (BRI) Cabang Karawang

Dennis Eliazar Supratman, Solehudin Solehudin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel budaya organisasi dan kopetensi, untuk mengetahui pengaruh Budaya Organisasi terhadap kinerja karyawan, untuk mengetahui pengaruh Kopetensi terhadap kinerja karyawan, dan untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama pengaruh budaya organisasi dan kopetensi terhadap kinerja karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), TBK (BRI) Cabang Karawang. Penelitian ini menggunakan strategi kuantitatif untuk verifikasi sebagai metodologi penelitiannya. Populasi dan sampel sebanyak 106 orang pekerja produksi di PT, Bank Rakyat Indonesia (Persero), TBK (BRI), cabang Karawang. Disproportionate stratified sampling, yaitu metode pembersihan berdasarkan kriteria tertentu, terutama karyawan, digunakan sebagai strategi sampel dalam penelitian ini. Analisis jalur dengan pengujian hipotesis simultan dan parsial merupakan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Menurut temuan penelitian, budaya organisasi dan kompetensi berkorelasi secara signifikan. Budaya organisasi berpengaruh secara parsial sebesar 9,7% terhadap kinerja pegawai di PT. Bank BRI Cabang Karawang. Hal ini menunjukkan bahwa budaya organisasi dapat mempengaruhi atau berkontribusi terhadap kinerja karyawan di PT. BRI Bank Cabang Karawang, namun tidak signifikan. Kompetensi memiliki pengaruh parsial sebesar 10,9% terhadap seberapa baik staf di PT. BRI Bank Cabang Karawang. Hal ini menunjukkan bagaimana kompetensi mempengaruhi atau menambah output PT. Personel Bank BRI Cabang Karawang. Budaya organisasi dan kompetensi memiliki pengaruh secara simultan sebesar 61,9% terhadap kinerja pegawai pada PT. Bank BRI Cabang Karawang sedangkan faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini memiliki pengaruh sebesar 38,1%. Ini menunjukkan bagaimana budaya organisasi dan kompetensi bekerja sama untuk mempengaruhi seberapa baik PT. Penampilan personel Bank BRI Cabang Karawang.

Keywords

Budaya Organisasi; Kompetensi; Kinerja

References

Andriani, Rian. 2014. “Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kompetensi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Bank Tabungan Negara Di Bandung”. Jurnal Megister Manajemen, Universitas BSI Bandung.

H. Moh, Pabandu Tika. 2010. “Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan”. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, & Malayu S.P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). Bumi Aksara.

Hasibuan, M. (2014). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016. “Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah”. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hendriani, Susi, Yulia Efni, dan Arika Fitriani. 2013. “Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan, Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Riau Kepri Kantor Pusat Pekanbaru”. Pekbis Jurnal, Vol. 5, No.2, Juli 2013: 133-134, Universitas Riau.

Maramis, Enrico. 2013. “Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Dan Motivasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Manado”. Jurnal EMBA Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen, Universitas Sam Ratulangi Manado.

Penyusun, T. (2017). Buku Panduan Penyusunan Skripsi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang) Edisi 8. Karawang.

Riduwan, & Kuncoro, E. A. (2017). Cara Mudah Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.

Robbins, S. P., Coulter, M., & DeCenzo, D. A. (2018). Fundamentals of Management. Pearson .

Shaputra, Angga Rahayu, Susi Hendriani. 2015. “Pengaruh Kompetensi, Komitmen Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Wilayah Pekanbaru”. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, Vol VII No 1 Januari 2015, Universitas Riau.

Sopiah. 2008. “Perilaku Organisasi”. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Tika, M. Pabundu. 2010. “Budaya Organisasi”. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibowo. 2010. “Budaya Organisasi”. Jakarta: Rajawali Pers.

Williams, R. H. (2016). Introduction to Banking (2nd Edition) ((2nd Edition)). Wiley .

Yesil, Salih dan Ahmet Kaya. 2012. “The Effect Of Organizational Culture On Firm Financial Performance: Evidance From A Developing Country”. Economic and Administrative Sciences Faculty, Departement Of Business, Kahramanmaras, Sutcu Imam University, Turkey.

Raharjo, B., Nugroho, H.A., & Winarno, W.W. (2016). Analisis Faktor Penentu Penggunaan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia dan Implikasinya terhadap Reformasi Birokrasi pada BPK RI. Jurnal Informatika, 10(1), 1149-1155.

Dessler, G. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pearson.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.