Eksistensi Profesi Akuntansi: Analisis Technical Skills Sesuai Kebutuhan Dunia Kerja di Era Digital

Puji Rahayu, Imarotus Suaidah, Putri Awalina

Abstract

Ledakan teknologi digital merupakan kompetitor utama bagi profesi akuntansi. Beredar isu menipisnya lapangan pekerjaan bidang akuntansi karena tergantikan oleh artificial intelegensi atau kecerdasan buatan. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui eksistensi profesi akuntansi di era digital dengan cara mengidentifikasi technical skill sesuai kebutuhan dunia kerja. Metode penelitian menggunakan deskriptif. Pengumpulan data dengan cara mengamati fakta-fakta persyaratan ketrampilan teknologi digital yang muncul di iklan lowongan kerja pada periode mei – juli 2023 dan memperoleh 155 iklan lowongan kerja bidang akuntansi. Selanjutnya menganalisis dengan merumuskan bidang-bidang ketrampilan teknologi digital untuk profesi akuntansi. Hasil penelitian membuktikan bahwa profesi akuntansi masih tetap eksis dengan adanya permintaan akan lulusan sarjana akuntansi pada 54 posisi di bidang Akuntansi, Perpajakan maupun Audit. Technical skill yang harus dimiliki yaitu Microsoft office, accounting software dan tax software. Serta memiliki sertifikat kompetensi brevet A dan B, mampu berbahasa Inggris dan mandarin. Sehingga dapat disimpulkan bahwa profesi akuntansi masih bisa berdampingan dengan artificial intelegensi di era digital. Namun, para pencetak lulusan sarjana akuntansi harus mengikuti perkembangan tehnologi dengan cara meningkatkan kurikulum kampus Merdeka belajar, khususnya terkait technical skill dan didampingi dengan berbagai sertifikat kompetensi sesuai konsentrasi serta dibekali kemampuan berbahasa asing.

Keywords

Profesi Akuntansi; Technical Skills; Accounting Software; Tax Software

References

Ariyani, M., & Jaeni, J. (2022). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik. Owner, 6(1), 234–246. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.624

Dewa, M. M. C., Kharisyami, P. W. Y., Navael, L. D., & Maulana, A. (2022). Peran Akuntan Dalam Menghadapi Digitalisasi Ekonomi Menjelang Era Society 5.0. Jae (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi), 7(3), 56–67. https://doi.org/10.29407/jae.v7i3.18492

Dewi, K. G. L., & Dewi, T. W. N. A. (2020). Profesi Akuntansi Di Era New Normal: Apa Yang Harus Dipersiapkan? Jurnal Akuntansi Profesi, 11(2), 263–272. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JAP/article/view/29503

Dwiharyadi, A., Asrina, N., & Rosalina, E. (2021). Analisis Kebutuhan Kompetensi Lulusan Akuntansi. Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 22–32. https://doi.org/10.30630/jam.v16i2.151

Gobble, M. M. (2018). Digital Strategy and Digital Transformation. Research Technology Management, 61(5), 66–71. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1080/08956308.2018.1495969

Harto, B., Sasmitha, J. L., & Yulianto, L. (2019). Faktor-Faktor yang Memperngaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Bekerja Sebagai Teknisi Akuntansi di Era Digital & Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Riset Akuntansi Dan Perbankan, 13(2), 87–108.

Isnawati, Effendy, L., & Indriani, E. (2021). Profesi Akuntan : Akahkah Hilang di Era Digital 4.0? Jurnal Penelitian Akuntansi, 2(1), 29–41.

Jackson, D., Michelson, G., & Munir, R. (2020). The Impact of Technology on the Desired Skills of Early Career Accountants. CPA Australia. https://www.researchgate.net/profile/Grant-Michelson/publication/344333920_The_impact_of_technology_on_the_desired_skills_of_early_career_accountants/links/5f693de8458515b7cf46928a/The-impact-of-technology-on-the-desired-skills-of-early-career-accountants

Kurniawan, R. (2017). Keterampilan dan Atribut yang Dibutuhkan oleh Lulusan Akuntansi untuk Sukses Berkarir: Pengujian Senjangan Persepsi Mahasiswa dan Pemberi Kerja. Tirtayasa Ekonomika, 12(1), 12–34.

Lucyana, S., Sadihatmanta, M., & Veronika, N. (2022). The Future Skilled-Accountants: Kesiapan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Bunda Mulia (Ubm) dalam Menghadapi Dunia Kerja Era Society 5.0. Prosiding ASIC, 1(1), 91–115.

Manyika, J., Susan, L., Michael, C., Bughin, J., Jonathan, W., Batra, P., Ko, R., & Sanghvi, S. (2017). Jobs Lost, Jobs Gained: Workforce Transitions in a Time of Automation. In Mckinsey globar institute (Issue December). McKinsey Global Institute. https://www.mckinsey.com/~/media/McKinsey/Featured Insights/Future of Organizations/What the future of work will mean for jobs skills and wages/MGI-Jobs-Lost-Jobs-Gained-Executive-summary-December-6-2017.ashx

Naradiasari, N. S., & Wahyudi, D. (2022). Pengaruh Persepsi, Motivasi, Minat, dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Keputusan Pemilihan Berkarir Dibidang Perpajakan. Owner, 6(1), 99–110. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.622

Neuendorf, K. A. (2017). The Content Analysis Guidebook. SAGE Publications, Inc. https://doi.org/doi:https://dx.doi.org/10.4135/9781071802878

Nurhasanah, S., Nugraha, M. S., & Subhi, I. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Media Edu Pustaka.

Puspitasari, M., Nasihin, I., & Yanti. (2021). Pengembangan Kurikulum Akuntansi di Era Disruptif Melalui Kampus Merdeka. Jurnal Kajian Ilmiah, 21(3), 1410–9794. http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI

Rahayu, P., Suaidah, I., & Wardani, Z. D. (2022). Mampukah Digital Literacy Memengaruhi Minat Menggunakan Aplikasi Akuntansi Berbasis Smartphone Bagi UMKM? Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 5(2), 173–188. https://doi.org/10.35138/organum.v5i2.307

Rahayu, S. K. (2021). Disrupsi Akuntansi, Fase Titik Lejit Kemajuan Bisnis Dan Perekonomian. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 9(1), 65–82. https://doi.org/10.17509/jrak.v9i1.26324.Copyright

Rini, Y. T. (2019). Mengurai Peta Jalan Akuntansi Era Industri 4.0. REFERENSI: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 7(1), 58–68.

Saputri, A., & Fauziyyah, N. (2021). Transisi Akuntansi Menuju Digitalisasi. Mizania: Jurnal Ekonomi Dan Akuntansi, 3(1), 300–310.

Sari, R. U., Nur Rohmah, S., Nurjanah, S., Rahayu, S., & Ratna, A. Y. (2021). Profesi Akuntan Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Seminar Nasional & Call for Paperhubisintek 2021, 1242–1245.

Suarta, I. M., Suwintana, I. K., & Sudiadnyani, I. G. A. O. (2021). Persyaratan Keterampilan Teknologi Digital Untuk Profesional Akuntan: Analisis Iklan Lowongan Kerja. Prosiding Simposium …, 3, 41–53. https://www.researchgate.net/profile/Grant-Michelson/publication/344333920_The_impact_of_technology_on_the_desired_skills_of_early_career_accountants/links/5f693de8458515b7cf46928a/The-impact-of-technology-on-the-desired-skills-of-early-career-accountants

Syarif, A., Prasetio, T., & Hariyani, R. (2021). Peningkatan Keterampilan Dalam Penggunaan Myob Accounting Untuk Menyusun Laporan Keuangan. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 51–57.

Thresna, A., Machfudi, M., Azizah, C. Y. N., Dini, F. A., & Khaeria, A. N. (2022). Pengaruh kemajuan teknologi informasi terhadap perkembangan akuntansi. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 8(1), 2699–2705. https://doi.org/10.21067/jrpe.v7i2.6877

Wahyuni, S. D., Fahiraningtyas, E. D., & Rahayu, P. (2023). Tax Imposition Treatment on E-Commerce Business Enterprises in Indonesia. Proceeding Medan International Conference Economics and Business, 1(January), 1549–1555.

Webb, C. (2020). The digital accountant : Digital skills in a transformed world. In Acca. The Association of Chartered Certified Accountants. https://www.accaglobal.com/in/en/professional-insights/technology/The_Digital_Accountant.html

Wijaya, R. H. (2021). Will Accounting End Soon? Suatu Tinjauan Eksistensi Profesi Akuntansi di Era Digital. Accounthink: Journal of Accounting and Finance, 4(2), 130–137. https://doi.org/10.32500/jematech.v4i2.1647

Refbacks

  • There are currently no refbacks.