Minat Menjadi Guru: Persepsi Profesi Guru dan Pengalaman (PLP)

Cicih Kurnia Wati Tondang, Andri Zainal, Ulfa Nurhayani, Roza Thohiri, Sondang Aida Silalahi

Abstract

Berkurangnya jumlah siswa sekolah menengah kejuruan akuntansi mengakibatkan jumlah penerimaan guru akuntansi yang diduga mempengaruhi minat mahasiswa berprofesi sebagai guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi tentang profesi guru dan pengalaman pengenalan lapangan persekolahan (PLP) terhadap minat menjadi guru, baik secara parsial ataupun simultan. Populasi dan sampel di penelitian ini seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi Stambuk 2020 Universitas Negeri Medan berjumlah 83 mahasiswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan penyebaran kusioner. Metode analisis data digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, persepsi profesi guru berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru. Pengalaman Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru. Secara simultan persepsi profesi guru dan Pengalaman Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) berpengaruh terhadap minat menjadi guru. Kemudian hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 45,3% dan sisanya 54,7% dijelaskan oleh variabel lain.

Keywords

Persepsi Profesi Guru; Pengalaman Pengenalan Lapangan Perskeolahan; Minat Menjadi Guru

References

Aini, E. N. (2018). Pengaruh Efikasi Diri dan Persepsi terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi 2015 UNESA. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 2(2), 83. https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n2.p83-96

Alim, A. F., Syah, N., & Yustisia, H. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PROFESI GURU MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN (S1) JURUSAN TEKNIK SIPIL FT UNP. Cived, 4(3), 1–9.

Andhika, R., Hartiyah, S., & Susanti. (2023). Jamasy : Jamasy : Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen & Perbankan Syariah, 3, 66–76.

Arum Dwi Jayanti. (2022). Pengaruh Program Latihan Profesi (PLP) Terhadap Minat Dan Kesiapan Menjadi Calon Guru Kimia Yang Profesional. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 4(1), 22–35. https://doi.org/10.14421/jtcre.2022.41-03

Ayu Prastiani, D., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh self efficacy, persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa S1 pendidikan akuntansi UNESA. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(2), 47–59. https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i2.5712

Bandura, A. (1978). Self-efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change. Advances in Behaviour Research and Therapy, 1(4), 139–161. https://doi.org/10.1016/0146-6402(78)90002-4

Dayka, D. W. H. ., Winatha, K., Suroto, & Dkk. (2023). The Influence Of Teachung Readiness,Perception Of The Teaching Proffesion,And Family Environment On Interest In Becoming A Teacher. Economic Education and Entrepreneurship Journal, 89–96.

Fatmawati, F., Rahmawati, R., Hakim, A., & Al Idrus, S. W. (2022). Analisis Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Kimia Setelah Menjalani Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Chemistry Education Practice, 5(1), 71–77. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.3269

Haji, D. (2019). Psikologi Pendidikan (12th ed.). Bumi Aksara.

Heriyansyah, H. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 116–127. https://doi.org/10.30868/im.v1i01.218

Luqman, M. R., & Dewi, M. R. (2022). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Dan Konsep Diri Terhadap Minat Menjadi Guru. Journal Of Education and Instruction, 5, 370–381.

Mahriani, E., Pramanik, D. P., Srisulawti, P., & Dkk. (2020). Manajemen Pariwisata (Sebuah Tinajuan Teori dan Praktis. Widina.

Qorib, A., Saragih, Y., & Suwandi. (2019). Pengantar Jurnalistik (Guepedia (ed.); 1st ed.). Guepedia.

Rahmadiyani, S., Hariani, L. S., & Yudiono, U. (2020). Minat Menjadi Guru: Persepsi Profesi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(1). https://doi.org/10.21067/jrpe.v5i1.4304

Roflin, E., & Riana, F. (2022). Statistika Dasar. NEM.

Rusdiana, H. . (2021). Organisasi Lembaga Pendidikan. Pusat Penelitian dan Penerbitan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Rustam, A., Eva, D., Sari, K., & Yunita, and L. (2018). Statistika dan Pengukuran Pendidikan. PT.Ilham Sejahtera Persada.

Sairoh. (2016). Pengaruh Pengalaman Lapangan, IPK, Lingkungan Keluarga dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Akonomi Angkatan 2011.

Santoso, S., Liskustyawati, H., Sunardi, Setiawan, B., Nugroho, D., & Nugroho, P. B. (2021). Persepsi dan Pengalaman Akademik Dosen Keolahragaan. Deenpublish.

Sukma, A. N., Karlina, E., & Priyono, P. (2020). Pengaruh Persepsi Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta Pgri. Research and Development Journal of Education, 1(1), 110. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7573

Wahyuni, D., & Setiyani, R. (2017). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 669–683.

Yulianto, A., & Khafid, M. (2016). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl), Minat Menjadi Guru, Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Yang Profesional. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 100–114. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/9989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.