Sisa Hasil Usaha (SHU) Koperasi (Dilihat Dari Kontribusi Kredit Kelompok Kerja Usaha)

Firman Aryansyah

Abstract

Pembangunan ekonomi didasarkan pada demokrasi ekonomi yang mengarahkan bahwa masyarakat harus memegang peran aktif dalam kegiatan pembangunan. Wadah perekonomian yang sesuai untuk perekonomian di Indonesia tersebut adalah Koperasi, Wadah perekonomian rakyat yang bersifat sesuai dan dilaksanakan berdasarkan atas asas kekeluargaan. Oleh karena itu penulis terarik untuk meneliti tentang perkoprasian yaitu tentang koperasi simpan pinjam, terutama dalam masalah kredit koprasi yang biasanya menjadi sumber utama pendapatan koprasi simpan pinjam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalaui wawancara secara langsung dan pengambilan data dari pihak Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Hikmat Ciamis lalu setelah data terkumpul diolah dan dianalisis sesuai kebutuhan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pemberian kredit kelompok kerja usaha kelompok buruh pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) HIKMAT Ciamis selama akhir tahun 2012 sd. tahun2016 mengalami fluktuasi sejumlah 5,2%. (2) Jumlah Sisa Hasil Usaha (SHU) pada Koperasi Simpan Pinjam (KSP) HIKMAT Ciamis selama akhir tahun 2012 sd. tahun 2016 mengalami kenaikan tidak setabil kenaikan yang fluktuasi (fluktuasi cenderung turun) sejumlah 2,2%. (3) Pengaruh pemberian kredit kelompok kerja usaha kelompok buruh terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU), berdasarkan hasil perhitungan diperoleh thitung sebesar 1,145 dan ttabel 3,182 Pada α 0,05 dan dk = (n-2) = (5-2) =3. Dengan demikian thitung (1,145) < ttabel 3,182 Maka Ho di terima dan Ha ditolak artinya kredit kelompok kerja usaha buruh yang diberikan tidak berpengaruh positif terhadap pencapaian Sisa Hasil Usaha (SHU) dikarnakan: a) Tidak adanya penanganan khusus terhadap kredit kelompok kerja usaha buruh, karna pada umumnya KSP Hikmat Ciamis merupakan koperasi umum. b) Kelompok kerja usaha buruh merupakan bagian kecil dari anggota KSP Hikmat Ciamis yang melakukan kredit. c) Dilihat dari persentase pemberian kreditnya memang relatif kecil hanya 5,2% hal ini dirasa tidak cukup menguntungkan bagi KSP Hikmat Ciamis.Kata Kunci: Pemberian kredit, Sisa hasil usaha

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References

Abdusyukur Yunartha, R. (2012). Pengaruh Kredit Yang Disalurkan Terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) suatu studi pada KSP Tunas Artha Mandiri Cabang Ciamis. Skripsi. Ciamis: Program Studi Manajemen Program Studi Fakultas Ekonomi Universitas Galuh.

Fahmi, I. (2014). Pengantar Perbankan Teori & Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Firdaus, R. Dan Aryanti, M. (2011). Manajemen Perkreditan Bank Umum. Bandung: ALFABETA.

Hendar. (2010). Menejemen Perusahaan Koperasi, Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Menejemen Dan Kewirausahaan Koperasi. Jakarta: Erlangga.

Hendrojogi. (2010). Koperasi (Asas-asas, Teori, dan Praktik). Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Ismail. (2014). Akutansi Bank, Teori dan Aplikasi Dalam Rupiah. Surabaya: Kencana.

Kasmir. (2011). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta Utara: PT RAJA GRAFINDO PERSADA.

--------. (2012). Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya. Kota Depok: PT GRAFINDO PERSADA.

--------. (2012) Manajemen Perbankan. Kota Depok: PT RAJA GRAFINDO PERSADA.

--------. (2012). Dasar-dasar Perbankan. Jakarta Utara: PT RAJA GRAFINDO PERSADA.

Lam, N. dan Lau, P. (2014). Akutansi Keuangan, Intermediate Financial Reporting. Jakarta:Salemba Empat.

Meida Elly M. (2016). Pengaruh Kredit Simpan Pinjam Terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU), Koperasi Pegawai Republik Indonesia Tunas Cimerak. Skripsi. Ciamis: Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh.

Rudianto. (2010). Akutansi Koperasi edisi kedua (Konsep dan Teknik Penyususnan Laporan Keuangan). Jakarta:Erlangga.

Sudarwanto, A. (2013). Akuntansi Koperasi, Pendekatan Praktis Penyusunan Laporan Keuangan. Yogjakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitafif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

--------. (2015). Metode Penelitian Kuantitafif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Suhana, Cucu. (2014) Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama Anggota IKAPI

Suhana, C. Dan Hanafiah, N . (2009) Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Suhendar, E. (2016) Pengaruh Pemberian Kredit Terhadap Pencapaian Sisa Hasil Usaha (SHU), Koperasi Syariah Warga Binangkit Kelurahan Banjar. Skripsi. Ciamis: Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh.

Sutarno. (2014). Aspek-Aspek Hukum Perkreditan Pada bank. Bandung: ALFABETA Bandung.

Taswan (Cand.). (2010). Manajemen Perbankan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN YOGYAKARTA.

Yuniarharya. (2013). Tujuan, fungsi, manfaat, dan jenis kredit. Jurnal ilmu pendidikan. (online). (http:yuniarharya.blogspot.co.id/2013/04/tujuan-fungsi-manfaat-dan-jenis-kredit.html?m=1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.