Perbedaan Motivasi Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Augmented Reality Dengan Media Powerpoint Pada pembelajaran Ekonomi

Zainia Dzilaili, Lisana Oktavisanti Mardiyana, Dwi Herlindawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat perbedaan motivasi belajar antara peserta didik yang menggunakan media Augmented Reality dengan media Powerpoint pada pembelajaran ekonomi khususnya pada materi kegiatan ekonomi di kelas X di SMAN Umbulsari Kabupaten Jember tahun ajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas X SMAN Umbulsari dengan mengambil 2 kelas sebagai sampel penelitian, dimana masing-masing kelas terdapat 35 sisiwa. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Perolehan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Observasi dilakukan dengan berbantuan lembar observasi, yang selanjutnya data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t (Independent Sample T-test). Dalam pengujian hipotesis, uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam motivasi belajar antara peserta didik yang diberikan treatment menggunakan media Augmented Reality dengan peserta didik yang menggunakan media PowerPoint dalam pembelajaran. Dengan menunjukkan bahwa rata-rata skor motivasi belajar peserta didik mencapai 73,09 untuk kelas eksperimen yang yang diberikan treatment menggunakan media Augmented Reality dan 64,06 untuk kelas kontrol yang menggunakan media PowerPoint. Dapat disimpulkan, bahwa pemanfaatan media Augmented Reality menghasilkan perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dibandingkan dengan penggunaan media PowerPoint.

Keywords

Media Augmented Reality; Media PowerPoint; Motivasi Belajar; Pembelajaran Ekonomi; SMA

References

Alfitriani, N., Maula, W. A., & Hadiapurwa, A. (2021). Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), 30–38. https://doi.org/10.15294/jpp.v38i1.30698

Azuma, R. T. (1997). A survey of augmented reality. Foundations and Trends in Human-Computer Interaction, 8(2–3), 73–272. https://doi.org/10.1561/1100000049

Bashri, A., Puspitawati, R. P. P., & Prastiwi, M. S. P. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 212–217. https://doi.org/10.26740/abdi.v7i2.17111

Bau, C. P., Olii, S., & Pakaya, N. (2022). Perbandingan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia Sebelum Dan Sesudah Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality Chemistry. Inverted: Journal of Information Technology Education, 2(1), 44–53. https://doi.org/10.37905/inverted.v2i1.12978

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. khairani, Tahrim, T., Anwari, ahmad mufit, Rahmat, A., Masdina, & Indra, i made. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Hendra, Afriyadi, H., Tanwir, Hayati, N., Supardi, Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., & Asyhar, A. D. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktek). In Mahesa (Vol. 1, Issue 1).

Hidayat & Asmalah. (2022). Augmented Reality Pada Smartphone Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Mengurangi Kecemasan Ma. 1(1), 1–12.

Husna, K., & Supriyadi, S. (2023). Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 981–990. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4273

Jhon, S. W. (2011). Psikologi Pendidikan (3rd ed.).

Khan, T., Johnston, K., & Ophoff, J. (2019). The Impact of an Augmented Reality Application on Learning Motivation of Students. Advances in Human-Computer Interaction, 2019. https://doi.org/10.1155/2019/7208494

Kuntari, S. (2023). Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 2, 90–94. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v2i0.1826

Mahmudi, M. F. (2022). Penerapan teknologi augmented reality pada dunia pendidikan. April.

Mansyur, M. Z., Rahmadani, E., Siallagan, T., Astuti, R. N., Purba, S., Ritnawati, A. Z. K., Subakti, H., Nuryanti, A., Simarmata, C. P. J., Khalik, M. F., & Amelia, U. (2024). Belajar dan pembelajaran di abad 21. In Kita Menulis (Issue 15105241053).

Muthoharoh, M. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 26(1), 21–32. http://www.e-journal.stai-iu.ac.id/index.php/tasyri/article/view/66

Nelly, N. (2021). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(2), 306–311. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i2.63

Nursyafitri, A. A., Isrok’atun, I., & Hanifah, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Admiration, 5(5), 1750–1763. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i5.1161

Pharausia, T. V., Afirianto, T., & Amalia, F. (2021). Penerapan Teknologi Augmented Reality Dalam Pengenalan Struktur Hardware Komputer Pada Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK TKJ. Fountain of Informatics Journal, 7(1), 38. https://doi.org/10.21111/fij.v7i1.6432

Rahmi, F., & Amrizal, N. F. (2023). The Strategi Pembelajaran dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Progressive of Cognitive and Ability, 2(3), 262–271. https://journals.eduped.org/index.php/jpr/article/view/418%0Ahttps://journals.eduped.org/index.php/jpr/article/download/418/365

Rohmalina, W. (2019). Psikolog Belajar. Rajawali Pers.

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (24th ed.). Rajawali Pers.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (21st ed.). Remaja Rosdakarya.

Syam, A. S., Ismail, W., & Ali, A. (2021). Media Augmented Reality dan Power Point Serta Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 95–108.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.