Integrasi Media Pembelajaran Augmented Reality dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dampaknya terhadap Literasi Keuangan Siswa

Nur Rizqi Arifin, Dedeh Dedeh, Harry Ramdhani Hadianto

Abstract

Berdasarkan hasil hasil survei Nasional literasi dan inklusi keuangan yang diumumkan oleh OJK dan BPS pada tahun 2024, diketahui bahwa tingkat literasi keuangan penduduk Indonesia berdasarkan tingkat pendidikan SMA/sederajat baru mencapai 75,92%. Urgensi penelitian adalah meskipun angka 75,92% cukup tinggi, nyatanya masih terdapat ± 25% populasi lulusan SMA/SMK di Indonesia yang belum memiliki pemahaman yang baik tentang keuangan. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan AR dapat meningkatkan pemahaman literasi keuangan siswa SMA. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan nonequivalent control group design. Diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis AR terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman literasi keuangan siswa SMA. Hal ini ditunjukkan dengan hasil posttest kelas eksperimen yang secara konsisten lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol pada tiga sekolah yang diteliti, dengan selisih rata-rata 7–10 poin. Analisis statistik melalui uji paired sample t-test juga membuktikan adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest, terutama pada kelas eksperimen.

Keywords

Augmented Reality, Literasi Keuangan, Media Pembelajaran, Pebelajaran Kooperatif; STAD

References

Arifin, N. R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Informatika Ciamis). Jurnal Edukasi (Ekonomi Pendidikan dan Akuntansi). 3(1), 251-262. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/je.v4i4.1024

Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Dwitri, A., & Pradikto, S. (2025). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 3(1), 99–106. DOI: https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v3i1.1505

Miftahussa’adah, Markos, S., & Susanti, R. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 12(1), 110–116. DOI https://doi.org/10.19109/intelektualita.v12i1.17425

Otoritas Jasa Keuangan. (2024). OJK Tingkatkan Literasi Keuangan Masyarakat. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.

Rahayu, S., Ahman, E., Nofriansyah, Romadhon, A. N. A., Supriatna, E., & Suwatno. (2025). Pendidikan Ekonomi di Era Digital dan Global. PT. Media Pustaka Indo.

Rahmawati, N. A. R., Prasetyo, S. A., & Ramadhani, M. W. (2024). Memetakan Visi Prabowo Gibran Pada Masa Kampanye Dalam Prespektif Pembangunan. WISSEN : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(3), 97–120. DOI https://doi.org/10.62383/wissen.v2i3.176

Siskawati, E. N., & Ningtyas, M. N. (2022). Literasi Keuangan, Financial Technology dan Perilaku Keuangan Mahasiswa. DIALEKTIKA: Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 7(2), 102–113. DOI https://doi.org/10.36636/dialektika.v7i2.1334

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sungkono, S., Apiati, V., & Santika, S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 459–470. DOI https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.737

Suryana, Y. R., & Somadi, T. J. (2018). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 2(2), 133–145. DOI https://doi.org/https://doi.org/10.23969/oikos.v2i2.1049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.