PENGGUNAAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KELILING DAN LUAS LINGKARAN DI SDN GARDUSAYANG I KECAMATAN CISALAK KABUPATEN SUBANG

Anna Susana

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang keliliing dan luas di SD Negeri Gardusayang I Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang dengan menggunakan metode inkuiri. Selain itu untuk memperoleh angka kredit pengembangan profesi sebagai salah satu persyaratan dalam kenaiakan jenjang kepangkatan dari golongan ruang IV a Ke IV b. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Gardusayang I Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang. Kesimpulan dari penelitiana ini adalah dengan atau melalui metode inkuiri dapat meningkatkan pemahaman siswa dan keberanian bertanya, menjawab, cakap. Sehingga hal ini dapat dijadikan sebagai alternative pemecahan masalah siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa terutama dalam pembelajaran Matematika.

Full Text:

Download PDF

References

Depdiknas. 2003. Standar Isi Kurikulun 2006. Jakarta: Puslitbang Depdiknas.

Hamalik, Oemar. (1992). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara, Jakarta.

Sumiati, Asara. (2009). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Margono. (1996). Metodologi Penelitian Pendidikan. Semarang: Rineka Cipta

Rusami, dkk. (2005). Matematika untuk SD Kelas VI. Jakarta: Yudistira

Sudjana, Nana. (1990). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru, Ciamis

Sund & Trowbridge. (1973). Teaching Scence by Inquiri in the Scondary School. Colombus: Charles E. Merill Publishing Company.

Suyatna, dkk. 2000). Perkembangan Peserta Didik. PT. BPK Gunung Mulia, Jakarta.

Suwangsih, Ema. (2006). Model Pembelajaran Matematika. Ciamis: UPI Press.

Mulyani Sumantri & Johar Permana. (1998). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Tabrani, A. (1990). Peranan Orang Tua dalam Pendidikan. CV. Rajawali, Jakarta.

Widiyana.Supriadi. (2007). Geomerti dan Pengukuran. Ciamis: UPI Press.

Purwanto, Ngalim. 2002). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Risdakarya.

Pitajeng. (2006). Pembelajaran Matematika yang Menyernangkan. Jakarta: Depdiknas.

Rahmar, Cece. (1999). Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Depdikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.