PENGARUH INTENSITAS PEMBERIAN TUGAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Vina Kurnia Sari, Eko Wahjudi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran motivasi belajar sebagai pemediasi pengaruh intensitas pemberian tugas terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Jombang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan permodelan Structural Equation Modeling (SEM). Teknik pengambilan sampel ialah sampel jenuh, dengan total sampel berjumlah 140 siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Jombang. Pengujian hipotesis menunjukkan hasil bahwa (1) tidak terdapat pengaruh langsung variabel intensitas pemberian tugas terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Jombang (2) terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan variabel intensitas pemberian tugas terhadap motivasi belajar siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Jombang (3) terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan variabel motivasi terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Jombang (4) terdapat pengaruh tidak langsung variabel intensitas pemberian tugas terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa kelas XII Akuntansi di SMK Negeri 1 Jombang.This study aims to determine the role of learning motivation as a mediator of the effect of assignment intensity on students’ achievement in class XII Accounting at SMK Negeri 1 Jombang. The research type is quantitative research. Hypothesis testing in this study uses Structural Equation Modeling (SEM) modeling. The sampling technique was a saturated sample, with a full selection of 140 students of class XII Accounting at SMK Negeri 1 Jombang. Hypothesis test results show that (1) there is no direct effect of the variable intensity of assignment on the learning achievement of class XII Accounting students at SMK Negeri 1 Jombang (2) there is a direct positive and significant effect of the variable intensity of assignment on the learning motivation of class XII students of Accounting SMK Negeri 1 Jombang (3) there is a direct positive and significant influence of motivational variables on student achievement of class XII Accounting at SMK Negeri 1 Jombang (4) there is an indirect effect of variable intensity of assignment on learning achievement through student motivation of class XII Accounting at SMK Negeri 1 Jombang.

Keywords

Intensitas Pemberian Tugas; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar

References

Brehm, J. W., & Self, E. A. (1989). The intensity of motivation. Annual Review of Psychology, 40(1982), 109–131. https://doi.org/10.1146/annurev.ps.40.020189.000545

Ellison, N. B., Steinfield, C., & Lampe, C. (2007). The intensity of task. Social capital and college students’ use of online social network sites. Journal of Computer-Mediated Communication, 12(4), 1143–1168. https://doi.org/10.1111/j.1083-6101.2007.00367.x

Ervina, L. (2016). Pengaruh Pemahaman Perpajakan, Intensitas Pemberian Tugas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Perpajakan Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK).

Ibrahim, D. S., Suardiman, S. P., & Yogyakarta, U. N. (2014). The Effects Of The Use Of E-Learning On The Learning Motivation Andachievement In Mathematics. 2, 66–79.

Kemendikbud. (2003). UU No 20 Tahun 2003. In Uu.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Mahutga, M. C., Curran, M., & Roberts, A. (2018). Job tasks and the comparative structure of income and employment: Routine task intensity and offshorability for the LIS*. International Journal of Comparative Sociology, 59(2), 81–109. https://doi.org/10.1177/0020715218765218

Sabriani, S. (2012). Penerapan Pemberian Tugas Terstruktur disertai Umpan Balik pada Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Materi Pokok Struktur Atom Kelas X6 SMA Negeri Watampone). Jurnal Chemica.

Sabriani, Sitti. (2012). Penerapan Pemberian Tugas Terstruktur disertai Umpan Balik pada Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa (. 39–46.

Sara Lowe, M., Booth, C., Stone, S., & Tagge, N. (2015). Impacting information literacy learning in first-year seminars: A rubric-based evaluation. Portal. https://doi.org/10.1353/pla.2015.0030

Sardiman. (2007). Doc 16. In Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.

Sari, W. F., & Kurniawati, T. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan E-Learning terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi. 3(1).

Solimun, Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. In Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS.

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta. In Alfabeta.

Sunarti, I. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Efikasi diri dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNIKU. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru. In Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru.

van Winkel, J., & van Wissekerke, J. E. (1996). Psychotherapie versus sociaal-psychiatrische begeleiding: een verkennend onderzoek naar verschillen tussen cliënten die verwezen worden voor psychotherapeutische behandeling of sociaal-psychiatrische begeleiding. Tijdschrift Voor Psychotherapie. https://doi.org/10.1007/BF03079310

Widyajayanti, & Istiqomah. (2018). Analisis Intensitas Pemberian Pekerjaan Rumah (Pr) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Chemical Information and Modeling.

Refbacks