UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 5 TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

AYEH AYEH

Abstract

Pada penelitian ini ditemukan bahwa peningkatan yang terjadi sebelum dan sesudah penerapan metode CTL adalah sebesar 36.67%, dengan rincian peningkatan nilai rata-rata penguasaan kosakata seluruh siswa dari tes awal ke tes siklus I yakni 18.13%, peningkatan nilai rata-rata penguasaan kosakata seluruh siswa dari tes siklus I ke tes siklus II yakni 11.34%. Apabila dilihat dari kriteria kemampuan siswa maka peningkatan yang ada, dari kategori jelek (poor) meningkat menjadi tidak cukup (insufficient) lalu meningkat menjadi baik (good). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode CTL dalam proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris, khususnya pengajaran kosakata dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa.Kata Kunci: CTL, kosakata, kategori, konstruksi, pengajaran

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Abimayu Soly, dkk. 1995. Penelitian Praktis untuk Perbaikan Pengajaran.

Jakarta: Bagian Proyek PGSD, Dirjen Dikti Depdikbud.

Bygate, M. 1987. Speaking. Oxford: Oxford University Press.

Ghazali, H.A. Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikat-interakif. Bandung: Refika Aditama.

Hedge, Tricia. 2000. Teaching and Learning in the Language Classroom. Oxford: Oxford University Press.

Hopkins, David. 1993. A Teacher’s Guide to Classroom Research. Second Edition. Philadelphia: Open University Press.

Hakim, Thursan. 2011. English Vocabulary dalam Percakapan Sehari-hari. Jakarta: PT Bhuana ilmu Populer.

Harmer, Jeremy. 2006. The Practice Of English Language Teaching. England: Longman.

Iskandarwassid, Dadang Suhendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama.

Johnson, Elaine B. 2010. Contextual Teaching and Learning, Menjadikan Kegiatan Belajar-mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Jauhar, Mohammad. 2011. Implementasi Paikem dan Behavioristik Sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatf dan kualitatf. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kasihani, Kasbolah E.S. 2002. “Penelitian Tindakan Kelas untuk Peningkatan Profesionalisme Guru SLTP”. Makalah. Malang. Universitas Negeri Malang.

Kesuma, Dharma dkk. 2009. CTL Sebuah Panduan Awal dalam Pengembangan PBM. Garut: Rahayasa.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Milati, Ni Made. 2011. “ Keterampilan Menulis Kalimat Pasive Simple Present Tense Siswa SMPN 1 Tegallalang dengan Pendekatan Chain Card Game” (tesis). Denpasar: Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Nur, M. dan Wikandari. 2000. “Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran.” Makalah. Surabaya: UNESA.

Nur, M., 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Buku Ajar Mahasiswa. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

OxfordAdvanced Learner’s Dictionary. 7th edition. Oxford: Oxford University Press.

Prabayanthi, Desak Made Dewi. 2012. “Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Audiolingual Pada Lembaga Kursus Kumon English As a Forieign Language Gatot Subroto Barat, Denpasar, Bali” (tesis). Denpasar: Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Richards, J.C. 1990. The Langauge Teaching Matrix. Cambridge. England: Cambridge University Press.

Natawijaya, Ro’hman. 1997. Konsep Dasar Penelitian Tindakan. Bandung: IKIP Bandung.

Rahayu, Enny. 2011. “Penerapan Pendekatan Kontekstual (CTL) Dalam Peningkatan Kompetensi Menulis Karangan Deskriptif pada Siswa Kelas VII SMP Harapan Mulia Denpasar” (tesis). Denpasar: Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Rahmatinnija. 2010. “Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dengan Menggunakan Media Sederhana Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 6 Malang”. (skripsi). Dis. (serial online). Available from: Library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=47557.

Santi, Widara Krisna. 2010. “Penerapan Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Questioning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 9 Malang “(skripsi). Dis. (serial online).

Suwandi, Sarwiji. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.

Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Buku Panduan Wajib bagi Para Pendidik. Yogyakarta: DIVA Press.

Slavin, Robert E. 2000. Educational Psychology: Theory & Practice. Fourth Edition. Massachusetts: Allyn & Bacon Publisher.

Soedjiwo, Novena Ade Fredyarini. 2010. “Penguasaan dan Pemakaian Kosakata dalam Kalimat Sederhana pada Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SD Negeri 8, dan RSDBI Muhammadiyah 2 Denpasar” (tesis). Denpasar: ProgramPascasarjana Universitas Udayana.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.