MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RPP DAN PELAKSANAANNYA DI KELAS MELALUI SUPERVISI KLINIS PADA SD NEGERI 2 CIGANTANG KECAMATAN MANGKUBUMI KOTA TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NENENG JAMILAH

Abstract

Penelitian ini memilih lokasi pada SD Negeri 2 Cigantang dengan objek penelitian yaitu guru yang berjumlah 12 orang.  Waktu pelaksanaan penelitian mulai November - Desember tahun Pelajaran 2015/2016, mulai dari tahap orientasi, tahap pengumpulan data, tahap pengolahan data sampai pada tingkat laporan hasil penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan atau CAR (classroom action research). Penelitian tindakan sekolah (PTS) yaitu suatu studi sistematik terhadap praktik pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas yang bertujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas dan hasil belajar dengan melakukan tindakan tertentu. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyimpulkan bahwa supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP dan pelaksanaannya di kelas pada SD Negeri 2 Cigantang. Hasil pengamatan  menunjukkan telah terjadi peningkatan nilai yang diperoleh guru baik pada penyusunan RPP maupun pelaksanaan pembelajaran di kelas dan berarti telah terjadi peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPP maupun pelaksanaan pembelajaran di kelas. Dengan demikian maka Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP dan perbaikan pembelajaran di kelas perlu dilakukan supervisi klinis secara rutin oleh pengawas sekolah, kepala sekolah, atau oleh guru senior dengan mata pelajaran yang sama. Agar supervisi klinis dapat berjalan dengan baik perlu dibuat program supervisi dan disosialisasikan kepada semua guru di sekolah. Hasil supervisi perlu dianalisis untuk membuat program tindak lanjut dalam rangka pembinaan terhadap guru khususnya guru kelas.Kata Kunci: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Supervisi Klinis

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Ametembun, N. A (1994). Kepengawasan dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Bandung : Suri

-------. (1994). Supervisi Pendidikan : Penuntun Bagi Para Penilik. Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru – guru. Bandung : Dipenogoro

Arikunto, S (1989). Prosedur Penelitian, Suatu pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Balitbang Depdikbud (1999). Himpunan Peraturan tentang Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta : Ditjendikdasmen.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1997. Himpunan Peraturan Perundang-undangan Republik Indonesia: Bidang Pendidikan dan Kebudayaan. Sekretariat Jendral Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta

Depdikbud Ditjen Dikdasmen. (1996). Himpunan Peraturan Tentang Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta : Ditjendikdasmen.

Dharma, Agus (2004) Manajemen Supervisi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Dirawat (1983). Kepemimpinan Pendidikan, Malang : IKIP Malang

Dirjen Dikdasmen. (1996). Himpunan Peraturan – peraturan Bidang Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Depdikbud

Fattah, Nanang (2000). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : Indira

Hariwung, A.J (1989). Supervise Pendidikan. Jakarta : P2LPTK

Piet A. Sahertian dan Frans M. (1992). Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Rifai, M (1982). Administrasi dan Supervisi Pendidikan, jilid I. Bandung : Jemmars

Salusu, Achmad & Natawijaya, R (1991). Studi Pengawasan Model Pendidikan Profesional Tenaga Kependidikan. Jakarta : Depdikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.