PERAN CRM PADA BISNIS KOS KOSAN DALAM MENCIPTAKAN LOYALITAS KONSUMEN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS GALUH
Abstract
Tujuan Studi yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui peranan manajemen hubungan pelanggan (CRM) dan loyalitas konsumen pada usaha kos kosan di lingkungan Universitas Galuh. Metode riset yang digunakan adalah metode survey dengan jenis pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan mahasiswa terhadap tempat kos di lingungan Universitas GAluh masih rendah. Pelaksanaan CRM pada usaha kos-kosan di lingkungan Universitas Galuh yang meliputi penerapatan manajemen penargetan dilakukan melalui perolehan informan dari luar, pengelolaan informasi dilakukan sebagian besar menggunakan call center /nomor pibadi. Kustomisasi produk/layanan kebanyakan masih pada kondisi sejenis. Manajemen ekspansi yang dilakukan masih mengandalkan aktivitas penjualan sendiri. Manajemen referensi masih belum bisa membangun system yang memadai dan pelaksanaan manajemen penghentian dilakukan secara pasif. Dengan demikian Strategi CRM yang digunakan dengan menggunakan enam indikator pengukuran memiliki peranan dalam menjaga loyalitas konsumen namun belum bisa memberikan pengaruh yang besar terhadap loyalitas konsumen karena ada faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Salah satu faktor yang tidak diteliti adalah faktor “budaya lingkungan setempat. Keterbatasan dalam penelitian ini hanya berfokus pada kondisi unit analysis kos-kosan di lingkungan Universitas Galuh dan hasilnya belum bisa digeneralisasikan kepada unit analisis lain. Untuk itu saran bagi para peneliti lain agar bisa melakukan penelitian di tempat lain yang dapat memperkaya keilmuan CRM khususnya
Full Text:
PDFReferences
Caron, P., & Khan, T. (1999). Evolution of Ni-based superalloys for single crystal gas turbine blade applications. Aerospace Science and Technology, 3(8), 513–523. https://doi.org/10.1016/S1270-9638(99)00108-X
Hermawati, A., Mas, N., Hermawati, A., & Mas, N. (2017). Article information : (Vol. 59). https://doi.org/10.1108/EL-01-2017-0019
Luck, D., & Lancaster, G. (2013). The significance of CRM to the strategies of hotel companies. Worldwide Hospitality and Tourism Themes, 5(1), 55–66. https://doi.org/10.1108/17554211311292448
Min, H., Min, H., & Emam, A. (2002). A data mining approach to developing the profiles of hotel customers. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 14(6), 274–285. https://doi.org/10.1108/09596110210436814
Rahimi, R. (2017). Customer relationship management (people, process and technology) and organisational culture in hotels: Which traits matter? International Journal of Contemporary Hospitality Management, 29(5), 1380–1402. https://doi.org/10.1108/IJCHM-10-2015-0617
Wu, S. I., & Chen, J. H. (2012). Comparison between hotels and motels using CRM effect model - An empirical study in Taiwan. International Journal of Hospitality Management, 31(4), 1254–1263. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2012.03.005
DOI: http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v5i2.1764
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.2827/jeim.v5i2.1764.g1421
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Add comment
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Ekonologi indexed by:
Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.