Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Prestasi Sekolah Pada SMA Negeri

Mamat Rohimat

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentnag Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Prestasi Sekolah di SMA Negeri Pangandaran. Karena itu penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta penemuan kuantitatif yang mendukung yang selanjutnya data diinterpretasi sehingga menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang dan perilaku yang dapat diamati.  Sedangkan teknis pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa implementasi kemampuan manajerial kepala sekolah SMA Negeri 1 Pangandaran dalam hal penyusunan perencanaan adalah baik, karena kepala sekolah mengacu pada kegiatan-kegiatan tahun sebelumnya yang telah dibuat serta membuat pengembangan-pengembangan baru. Hal ini dilihat berdasarkan Permendiknas Nomor 17 tahun 2010 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan dan terlaksana dengan baik. Faktor penghambat kepala SMA Negeri Pangandaran dalam meningkatkan prestasi sekolah adalah sejumlah masalah yang ditemuai oleh Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru baik yang berkaitan dengan problem guru dalam mengajar maupun problem peserta didik dalam menerima pelajaran.

Keywords


implementasi; kompetensi manajerial; prestasi sekolah

Full Text:

PDF

References


Badan Standarisasi Nasional (BSN). (2008). Sistem Manajemen Mutu-Persyaratan.

Enas, dkk., (2015)., Pedoman Penulisan Usul Penelitian, Penulisan Tesis & Artikel Ilmiah, Ciamis : Galuh Nurani.

Gaspersz, Vincent. (2009). Total Quality Management (TQM) untuk praktisi Industri dan Bisnis. Jakarta: Gramedia Graha Utama.

Haq, Mudafiul, (2013), Implementasi Sistem Manajemen Mutu Berstandar Iso 9001:2008 Pada Aspek Pembelajaran Di Smk Negeri 3 Yogyakarta, Skripsi Uniersitas Negeri Yogyakarta

Kuo-Hung Tseng. (2010). Using the Context, Input, Process and Product model to assess an engineering curriculum. Jurnal World Transactions on Engineering and Technology Education. Ohio: WIETE.

Moleong (2002), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyono, Nono, (2015), Supervisi Pendidikan Pada Era Otonomi Daerah, Ciamis:Rizqi Press.

Nasution, M. Nur, (2015), Jakarta: Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Manajement), Ghalia Indonesia.

Prihantoro, Rudi., (2012) Konsep Pengedalian Mutu, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sallis, Edward. (2012). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Sugiyono, (2012), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. (2013). Administrasi Pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Usman, Husaini, (2006). Manajemen Teori & Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

______, (2006)., Otonomi Pendidikan (Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan)., Jakarta: Divisi Buku Perguruan Tinggi PT. Raja Grafindo Persada.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i1.29489

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i1.2948

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i1.2948.g25934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar