Kedisiplinan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Sekolah Dasar Negeri
Abstract
Rendahnya pengakuan masyarakat terhadap profesi guru yang mengakibatkan rendahnya citra guru disebabkan oleh faktor bahwasannya siapapun dapat menjadi guru asalkan ia berpengetahuan, banyak guru yang belum menghargai profesinya apalagi mengembangkan profesinya itu, perasaan rendah diri karena menjadi guru serta penyalahgunaan profesi untuk kepuasan dan kepentingan pribadinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kedisiplinan guru, hambatan yang dihadapi oleh guru, dan upaya yang dilakukan guru mengatasi hambatan dalam menerapkan kedisiplinan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SDN Cilempuyang 01 dan SDN Cilempuyang 02 Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap. Dengan rumusan masalah bagaimana tujuan penelitian tersebut dirumuskan?. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) Disiplin kerja guru pada Cilempuyang 01 dan SDN Cilempuyang 02, masih belum maksimal. Hal ini terbukti dengan masih banyaknya indikator yang belum memenuhi syarat disiplin kerja. diantaranya disiplin waktu. Pencapaian motivasi belajar peserta didik yang optimal; (2) Hambatan yang dihadapi adalah daya dukung personil sekolah dalam hal ini adalah SDM yang berkualitas dan profesional masih kurang, walaupun sudah ada, namun tidak mencukupi keberadaannya. Sarana yang tersedia untuk mewujudkan sebuah kebijakan masih belum lengkap, mengingat tuntutan kebijakan akan maksimal apabila sarana yang ada mampu menunjang keberhasilan kebijakan itu sendiri. Sumber dana yang tersedia kurang menunjang sebuah kebijakan yang dibuat, karena diketahui bahwa sumber dana yang ada hanya dari BOS saja. Pengetahuan baik pembuat kebijakan maupun pelaksana kebijakan itu sendiri masih sangat lemah; dan (3) Upaya yang dilakukan SDN Cilempuyang 01 dan SDN Cilempuyang 02 untuk mengatasi hambatan dalam menerapkan disiplin kerja guru dalam mencapai motivasi belajar peserta didik yang optimal adalah dalam hal peningkatan daya dukung personil sekolah, kepala sekolah memberikan kebijakan kepada SDM sekolah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Keywords
kedisiplinan guru; motivasi belajar; peserta didik
Full Text:
PDFReferences
Hasibuan, Malayu, (2008). Manajemen Dasar, pengertian, Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Veithzal, Rivai, (2005). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta : Raja Grafibdo.
Sastrohadiwiryo, (2003). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Sinungan, (2003). Produktivitas. Jakarta : Bumi Aksara.
Sondang, Siagian, (2012). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta. Rineka Cipta.
Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Bandung: Aflabeta
URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i1.29502
DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i1.2950
URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v3i1.2950.g25955
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This Journal indexed by
Publisher Address :
Graduate Program UNIVERSITAS GALUH
Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia
phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id
http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar