Studi Tentang Kompetensi Pelatih dalam Meningkatkan Prestasi Olahraga Siswa

Muhamad Gani

Abstract


Berdasarkan hasil observasi diketahui pencapaian prestasi olahraga di SMP Terpadu Ar-Risalah belum optimal, hal ini diduga disebabkan oleh kurangnya kompetensi pelatih dalam meningkatkan prestasi olahraga siswa. Dalam penelitian ini digunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru penjas di SMP Terpadu Ar-Risalah Kabupaten Ciamis. Alat pengumpulan data meliputi wawancara dan observasi. Analisis data yang dilakukan oleh penulis menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa :  1) Kompetensi pelatih dalam meningkatkan prestasi olahraga siswa di SMP Terpadu Ar-Risalah Kabupaten Ciamis masih kurang karena pelatih belum menguasai sejumlah kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh seorang pelatih hal ini dibuktikan dengan kurangnya memotivasi siswa dalam proses belajar dan kurangnya penguasaan pelatih dalam menggunakan metode pembelajaran. 2) Adanya hambatan-hambatan kompetensi pelatih dalam meningkatkan prestasi olahraga siswa di SMP Terpadu Ar-Risalah Kabupaten Ciamis yang antara lain karena perbedaan latar belakang pendidikan siswa sehingga menyebabkan kemampuan siswa yang berbeda terhadap pembelajaran penjas,  guru penjas kurang menguasai  metode pembelajaran serta kurangnya perhatian orang tua peserta didik sebagai faktor yang mempengaruhi prestasi olahraga yang dicapai oleh peserta didik. 3) Adanya upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan-hambatan kompetensi pelatih dalam meningkatkan prestasi olahraga siswa di SMP Terpadu Ar-Risalah Kabupaten Ciamis yang antara lain sekolah sebaiknya  berusaha memberikan kesempatan yang luas kepada gurunya untuk meningkatkan profesionalitas guru pendidikan Islam yaitu memberikan pelatihan-pelatihan seperti MGMP dan workshop.

Keywords


Kompetensi Pelatih; Prestasi Olahraga

Full Text:

PDF

References


Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Fattah, Nanang. 2013. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Hamalik.2016. Psikologi Belajar Mengajar.Bandung :Sinar Baru Algensindo.

Hariyanto. 2012. Pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.

Harsono .2015. Kepelatihan Olahraga. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Musfah,Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Mutohir, Toho. Cholik dan Gusril. 2004. Perkembangan Motorik Pada Masa Anak-Anak. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sadewo, S. Ayu. 2011. Mudahnya Mendidik Anak Beda Karakter dan Bakat, Beda Perlakuan. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sukadiyanto. 2011. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: CV. Lubuk Agung

Sukintaka, dkk 2013. Permainan dan Metodik Buku I Untuk SGO. Depdikbud. Remadja Karya Offset. Bandung

Syarifudin, D., & Ishak, R. (2020). The Importance of Rural Social Productive Space to Increase the Social Capital of Agribusiness Community in Agropolitan Area. Jurnal Wilayah dan Lingkungan, 8(1), 67-83.

Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional Nomor 3 Tahun 2005




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v4i1.43827

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v4i1.4382

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v4i1.4382.g34513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar