PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS LKS TIPE WORD SQUARE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Lala Laura Rahman, Adun Rusyana, Lia Yulisma

Sari


 Pembelajaran yang berlangsung secara kaku dan bersifat teacher centered mengakibatkan siswa menjadi tidak aktif selama pembelajaran. Padahal, untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis, diperlukan pembelajaran yang bersifat student centered. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbasis LKS tipe word square terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada submateri pencemaran lingkungan. Waktu penelitian berlangsung pada bulan april 2020. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X IPA MAN 2 Ciamis. Sampel yang digunakan melibatkan siswa kelas X IPA 1 sebanyak 25 orang yang dipilih menggunakan  teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode Pra-eksperimen design dengan jenis One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan adalah soal berpikir kritis yang berjumlah 20 soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dari soal diolah secara statistik dengan menggunakan uji Z. Hasil penelitian menunjukan bahwa Zhitung > Ztabel yaitu sebesar 3,00 > 2,33. Hasil temuan tersebut  membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis LKS tipe word square berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada submateri pencemaran lingkungan dengan tingkat pengaruh tinggi yaitu sebesar 0,76.Kata Kunci: Discovery learning, Keterampilan Berpikir Kritis, LKS word square

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A. R, S., & Damaianti, V.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Baharudin. (2020). Nilai-Nilai Moral Masyarakat Sunda (Kajian Naskah Sewaka Darma Di Situs Kabuyutan Ciburuy Garut). J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) , 1 (2), 41-46.

Cahyo, A.N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Jogjakarta. DIVA Press.

Dinal, J. (2016). Model Pembelajaran Partner Switch Yang Divariasikan Dengan Lks Word square Pada Materi Perkembangan Model Atom Di Kelas X SMA Negeri 2 Salang Kabupaten Simeuleu. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Univeristas Islam Negeri Ar-Raniry: Darussalam, Banda Aceh.

Hake, R. R. (2002). Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. Tersedia: http://www.physics.indiana.edu/~hake. [2 Februari 2020]

Kartikasari, D., Medriati, R. & Purwanto, A. (2018). Penerapan Discovery learning Model dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Kalor dan Perpindahan Kalor. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2),1-7.

Martaida, T., Bukit, N. & Ginting, E. M. (2018). Efek Model Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 118-123.

Mustajab, W., Senen, S.H. & Waspada, I. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Koperasi. Oikos:Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi,11(1), 52-56.

Nurgana, E. (1985). Statistika untuk Penelitian. Bandung: C.V.

Permadi. O, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Word square Program Remedial Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Ditinjau Dari Minat Belajar Fisika Dan Kemampuan Berpikir Kritis SMA. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Univeristas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Purnama, M. B. (2015). Pengaruh Pembelajaran Make A Match dengan Media LKS Word square terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kramat Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Retnowati, D., Sujadi, I. & Subanti, S. (2016). Proses Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMK Citra Medika Sragen dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(1), 105-116.

Ridho, S., Ruwiyatun, Subali, B. & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 10-15.

Rositawati, D. N. (2018). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: ALFABETA.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v2i1.4814

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.