KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA

Yena Nurlia Adawiyah, Nur Eva Zakiah, Lala Nailah Zamnah

Sari


ABSTRACTMathematics has several hard skills, one of which is mathematical literacy. Mathematical literacy is a person's ability to formulate problems, reason to solve problems in various contexts. The purpose of this study is to determine the mathematical literacy ability of students in solving PISA problems. The method used in this study is a descriptive qualitative method. The instrument used in this study was a test of students' mathematical literacy skills using PISA questions and interview sheets. The object of this study is the mathematical literacy ability of students in solving PISA questions to 32 students in grades IX-I of SMP Negeri 1 Ciamis. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that most students were able to solve mathematical literacy questions using PISA questions at levels 1, 2, and 3, and a small percentage of students were able to complete level 4, 5, and 6 questions.  Keywords: Hard skill, mathematical literacy skills, PISA questions  ABSTRAKMatematika memiliki beberapa hard skill salah satu diantaranya adalah kemampuan literasi matematis. Kemampuan literasi matematis adalah kemampuan seseorang dalam merumuskan masalah, menalar hingga memecahkan masalah dalam berbagai konteks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan literasi matematis siswa menggunakan soal PISA dan lembar wawancara. Objek penelitian ini adalah kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA kepada siswa kelas IX-I SMP Negeri 1 Ciamis sebanyak 32 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mampu menyelesaikan soal literasi matematis menggunakan soal PISA pada level 1, 2, dan 3, dan sebagian kecil siswa mampu menyelesaikan soal level 4, 5, dan 6. Kata kunci:  Hard skill, kemampuan literasi matematis, soal PISA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Febrianti, P. (2022). Kesulitan siswa smp dalam menyelesaikan soal pisa 2021. 6(1), 13–24. https://doi.org/10.36526/tr.v

Fadillah, F., & Munandar, D. R. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa pada soal PISA di SMPN 2 Karawang Barat. 15(3), 15–25.

Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di indonesia belajar dari hasil pisa 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1–206. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742

Ridzkiyah, N., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa sma dalam menyelesaikan soal program for international student assessment (Pisa). JIPMat, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8237

Selan, M., Daniel, F., & Babys, U. (2020). Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 335–344. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6256

Setiawan, O. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa kelas viii dengan soal pisa. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 291–300. https://doi.org/10.32528/gammath.v6i1.5398

Zakiah, N. E. (2017a). Meningkatkan kemampuan metakognitif siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan open-ended. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(1), 27. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i1.125

Zakiah, N. E. (2017b). Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbasis gaya kognitif untuk meningkatkan kemampuan metakognitif siswa. Pedagogy, 2(2), 11–29.

Zakiah, N. E. (2020). Level kemampuan metakognitif siswa dalam pembelajaran matematika berdasarkan gaya kognitif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 132-147.

Zakiah, N. E., & Fajriadi, D. (2020). Management of authentic assessment in mathematics lessons to develop 4C skills. J. Phys.: Conf. Ser. 1613 012050. doi:10.1088/1742-6596/1613/1/012050.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v4i1.8898

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.