KETERCAPAIAN TRANFUSI PADA PASIEN TALASEMIA MAYOR DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH CIAMIS TAHUN 2018

Siti Rohimah, Fitriani Puspasari

Abstract

Talasemia merupakan penyakit kelainan darah yang menyebabkan penderitanya mengalami anemia dan menimbulkan gejala cepat lelah, lemas dan sesak napas. Salah satu intervensi mengatasi anemia adalah transfuse berkelajutan. Penelitian memiliki tujuan melihat ketercapaian transfusi darah pada penserta thalasemia di Rumah Sakit Umum Daerah Ciamis Tahun 2018.Metode penelitian ini menggunakan Deskriptif dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 65 kegiatan atau orang. Hasil penelitian baik tahap persiapan maupun tahap kerja memperlihatkan 46 subjek penelitian yang dijadikan sampel (71%) mencapai standar prosedur kerja transfuse, dan 19 subjek penelitian yang dijadikan sampel (29%0 tidak mencapai standar prosedur kerja transfusemengingat penting nya intervensi transfuse yang berkelanjutan perlu dicari penyebab ketidaktercapaian pelaksanaan transfuse pada anak thalassemia, untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan.

Keywords

Ketercapaian Standar Operasional Prosedur; Tranfusi darah; Talasemia Mayor

Full Text:

PDF Indonesia

References

Sudoyo, A.W. dan Djoerban. Z. 1990. Tranfusi darah dalam Ilmu Penyakit Dalam. Jilid II. Jakarta. Balai Penerbit UI.

Nelson. 1999. Ilmu Kesehatan Anak Volume 2. Edisi 15. Jakarta. EGC.

La Rocca, C.J. dan Otto E.S. 1998. Pemberian darah dan komponen darah dalam Terapi Intra Vena. Edisi 2. Jakarta. EGC

Potter dan Perry. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Konsep, Proses dan Praktek. Edisi 4 volume 1. Jakarta. EGC.

Potter dan Perry. 2006. Transfusi darah dalam Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Konsep, Proses dan Praktek. Edisi 4 Volume 2. Jakarta. EGC.

Ramelan, S. dan Gatot, D. 2005. Transfusi darah pada bayi dan anak dalam Pediatrics Update 2005. Jakarta. Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Administrasi. Edisi ke-14. Bandung: CV Alpabeta.

Suardani, N.L.K; Ropi, H; Rahayu, Y.S. 2005-2006. Hubungan aktifitas sehari-hari dengan jadwal pemberian transfusi darah pada penderita thalasemia mayor usia 6-14 tahun di poliklnik talhasemia rshs bandung dalam Majalah Keperawatan. Bandung. Fakultas Ilmu Keperawatan – Padjadjaran.

Wahidiyat, I. 2006. Kisah pengabdi negeri mengukir prestasi-bermula dari TP menuju tugas kemanusiaan. Tersedia dalam www.dutamasyarakat.com (diakses tanggal 7 september 2006).

Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis 2018.Laporan tahunan seksi PTM 2017.Seksi Penanggulangan penyakit Tidak Menular.Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis.Ciamis

RSUD Kabupaten Ciamis 2016. Daftar SOP 17 Kompetensi Inti.Rumah Sakit Daerah Kabupaten Ciamis.Ciamis

Rekam Medik RSUD Kabupaten Ciamis.2018.Laporan Triwulan Tiga Rekam Medik RSUD Ciamis Tahun 2018.Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Ciamis.Ciamis

Refbacks

  • There are currently no refbacks.