Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Keperawatan Galuh?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Panduan Penulisan

 

1. Pengantar

Jurnal Keperawatan . adalah jurnal berskala Lokal dan Nasional yang memuat hasil penelitian dan artikel ilmiah bidang keperawatan

2. Cara Menulis Judul, Nama, dan Alamat Penulis

Judul manuskrip harus ditulis di bagian atas halaman pertama dengan garis tengah teks. Sementara itu, nama penulis (tanpa gelar akademis), dan alamat afiliasi penulis, harus ditulis dengan garis tengah teks juga di bawah judul artikel.

Penulis harus memberi dua baris spasi antara judul dan nama pengarangnya. Kemudian, ruang antara alamat afiliasi penulis dan judul abstrak adalah satu spasi. Kata kunci harus dituliskan di bawah keseluruhan abstrak untuk semua kata.

Itu harus disusun menurut abjad dan dipisahkan secara semikolon maksimal empat kata. Selain itu, judul artikel yang ditulis dalam Bahasa Indonesia juga harus dinyatakan dalam bahasa Inggris (lihat contoh di atas).

Penulis yang bertanggung jawab, penulis korespondensi, atau penulis yang sesuai harus ditulis terlebih dahulu dan kemudian diikuti oleh yang kedua, yang ketiga, dan seterusnya.

Komunikasi mengenai revisi artikel dan pernyataan akhir akan diinformasikan via email ke penulis surat wasiat saja. Jika ada lebih dari satu penulis, nama penulis harus ditulis secara terpisah dengan koma (,).

Jika nama pengarang terdiri dari setidaknya dua kata, nama depan tidak boleh disingkat. Jika nama penulis hanya satu kata, itu harus ditulis seperti itu.

Namun, dalam versi online itu akan ditulis dalam dua kata dengan nama yang sama berulang kali untuk tujuan pengindeksan metadata. (Camdali dan Tunc, 2006; Fridman, 2008)..

3. Panduan Umum Penulisan Manuskrip

 

    1. Manuskrip tersebut merupakan hasil penelitian otentik yang belum dipublikasikan di media publikasi atau penerbitan lainnya.
    2. Naskah itu tidak mengandung unsur plagiarisme. Dewan redaksi akan langsung menolak teks yang menunjukkan plagiarisme
    3. Naskah yang telah ditulis di bawah pedoman Jurnal JK (dalam format PDF, gunakan template artikel ini) harus diserahkan melalui Sistem Submission Online dengan menggunakan Open Journal System (OJS) di portal jurnal Jurnal JK (http: // Jurnal.unigal.ac.id/jk) hanya memilih satu prosedur saja. Kemudian, daftarkan diri sebagai salah satu penulis atau reviewer.
    4. Penyerahan online manuskrip dapat dilihat di bagian panduan pengiriman online di bawah ini.
    5. Naskah yang tidak sesuai dengan pedoman penulisan Jurnal DEMO akan dikembalikan kepada penulis sebelum proses peninjauan.
    6. Naskah tersebut harus berisi beberapa aspek dari sebuah artikel ilmiah sebagai berikut: (sub judul sebagai urutannya), yaitu: (a) judul artikel, (b) nama pengarang (tidak ada judul akademis), (c) penulis yang terafiliasi Alamat, (d) email pengarang (e) abstrak dan kata kunci, (f) pendahuluan, (g) metode penelitian (h), temuan penelitian dan disscussion (i), kesimpulan (j), referensi .
    7. Sub judul disertakan dalam bagian diskusi (Pendahuluan, Review Teoritis, Metode Menulis, Hasil dan Diskusi, dan Kesimpulan) harus diberi nomor dalam urutan penomoran Arab yang dimulai dari satu. Sub judul ditulis dalam format huruf tebal dan judul. Menggunakan alignment teks kiri tanpa garis bawah. Teks subtitel yang diperluas berikutnya harus ditulis dalam format huruf tebal dan kalimat, harus menggunakan pelurusan teks kiri dan tingkat penomoran tingkat dua
    8. Sub judul disertakan dalam bagian diskusi (Pendahuluan, Review Teoretis, Metode Menulis, Hasil dan Diskusi, dan Kesimpulan) harus diberi nomor dalam urutan penomoran Arab yang dimulai dari satu. Sub judul ditulis dalam format huruf tebal dan judul. Menggunakan alignment teks kiri tanpa garis bawah. Teks subtitel yang diperluas berikutnya harus ditulis dalam format huruf tebal dan kalimat, harus menggunakan pelurusan teks kiri dan tingkat penomoran tingkat dua.
    9. Naskahnya bisa ditulis baik dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan bahasa standar. Naskah harus terdiri dari lima belas (15) sampai dua puluh (20) halaman termasuk gambar dan tabel. Naskah naskah harus ditulis sebagai template artikel ini dalam mode siap kamera. Artikelnya ditulis pada kertas berukuran A4 (210x297 mm), dengan margin kustom sebagai berikut: kiri 40 mm, kanan 30 mm, bawah 30 mm dan top 40 mm.
    10. Teks artikel harus ada di Time New Roman, ukuran huruf 11pt, 1,5 garis-spasi, dipisahkan menjadi dua kolom (kecuali judul utama, nama penulis, dan abstrak) dengan spasi di antara kolom 10 mm.
    11. Kata-kata dari bahasa asing atau bahasa asing dinyatakan dalam format Italic. Untuk artikel dalam Bahasa Indonesia, istilah asing atau kata-kata harus dihindari. Setiap paragraf dimulai 10 mm dari sisi kiri perbatasan sementara tidak ada spasi di antara paragraf. Semua nomor ditulis dalam format penomoran Arab, kecuali kalimat baru
    12. Tabel dan gambar ditempatkan pada kelompok teks setelah tabel atau gambar yang direferensikan. Setiap gambar harus diberi caption (Gambar Gambar) di bawah gambar dan diberi nomor dalam format penomoran Arab yang diikuti oleh judul gambar. Setiap tabel harus diberi judul tabel (Table Caption) dan diberi nomor dalam format penomoran Arab di atas tabel diikuti dengan judul tabel. Gambar lampiran harus dijamin bahwa mereka dapat dicetak dengan baik (ukuran font, resolusi dan ruang garis terlihat jelas). Gambar, tabel, dan bagan harus ditempatkan di tengah antara kelompok teks. Jika memiliki ukuran lebih besar, bisa diletakkan di tengah halaman. Meja tidak boleh berisi garis vertikal, sedangkan garis horisontal hanya diijinkan untuk titik penting

4. Panduan Untuk Teks Manuskrip

Judul manuskrip: Judul harus informatif dan ditulis baik secara singkat dan jelas. Tidak bisa beragam interpretasi multi. Ini harus tepat dengan isu-isu yang akan dibahas. Kata awal ditulis dalam huruf kapital dan simetris. Judul artikel tidak mengandung singkatan yang tidak lazim. Gagasan utama harus ditulis terlebih dahulu dan kemudian diikuti oleh penjelasannya. Judul artikel harus ditulis dengan maksimal 12 (dua belas) kata (dalam Bahasa Indonesia) dan 10 (sepuluh) kata dalam bahasa Inggris, font berukuran 12pt, dengan pilihan yang berani dan dalam format teks tengah,
 
Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Teks harus dalam Time New Roman, ukuran font 11pt, 1 line-spacing, dalam 175-225 kata maksimal dan diikuti oleh empat kata kunci.
 
Pendahuluan: Pengenalan harus berisi (secara sederhana dan berurutan) latar belakang umum dan tinjauan literatur (keadaan seni) sebagai dasar dari pertanyaan penelitian baru, pernyataan dari artikel ilmiah baru, masalah penelitian utama, dan hipotesisnya. Pada bagian akhir pendahuluan, tujuan penulisan artikel harus dinyatakan. Dalam format artikel ilmiah, tidak memungkinkan untuk menuliskan referensi seperti dalam laporan penelitian. Mereka harus diwakili dalam tinjauan literatur untuk menunjukkan merek artikel ilmiah yang baru.
 
Metode Penelitian: Metode ini diterapkan untuk memecahkan masalah, termasuk metode analisis. Metode yang digunakan dalam pemecahan masalah penelitian dijelaskan pada bagian ini.
 
Diskusi dan Hasil: Bagian ini terdiri dari hasil penelitian dan bagaimana mereka dikritik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini harus didukung oleh data yang cukup. Hasil penelitian dan penemuannya harus menjadi jawaban atau hipotesis penelitian yang dinyatakan sebelumnya di bagian pendahuluan.
 
Kesimpulan: Ini adalah bagian akhir yang berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulannya adalah jawaban dari hipotesis, tujuan penelitian dan penemuan penelitian. Kesimpulannya seharusnya tidak hanya berisi pengulangan hasil dan diskusi. Ini harus menjadi ringkasan hasil penelitian seperti yang penulis harapkan dalam tujuan penelitian atau hipotesisnya. Saran berisi saran yang terkait dengan gagasan lebih lanjut dari penelitian ini.
 
Referensi: Semua referensi yang digunakan dalam artikel harus dicantumkan di bagian ini. Pada bagian ini, semua referensi yang digunakan harus diambil dari sumber utama (jurnal ilmiah dan yang paling sedikit adalah 80% dari semua referensi) yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Setiap artikel harus memiliki setidaknya sepuluh referensi.

 

5. Panduan untuk Kutipan dan Referensi

Semua data atau kutipan yang disajikan dalam artikel yang diambil dari artikel penulis lainnya harus melampirkan sumber referensi. Referensi harus menggunakan manajemen aplikasi referensi seperti Mendeley, End Note, atau Zotero. Format penulisan yang digunakan dalam JK (Jurnal Keperawatan) mengikuti format yang diterapkan oleh APA 6th Edition (American Psychological Association

6. Panduan untuk Literatur Reviews

Tinjauan literatur harus menggunakan manajemen aplikasi referensi seperti Mendeley, End Note, atau Zotero. Format penulisan yang digunakan dalam JK (Jurnal Keperawatan) mengikuti format yang diterapkan oleh APA 6th Edition (American Psychological Association)

7. Panduan penerimaan manuskrip online

Naskah naskah harus diserahkan oleh salah satu dari dua sistem (prosedur kedua lebih disukai):

  1. 1. Dokumen harus diserahkan oleh Online Submission System di jurnal JK E-journal portal (SINI).
    2. Pertama, penulis harus mendaftar sebagai penulis atau reviewer (memeriksa peran sebagai penulis atau reviewer) di "Register" atau SINI.
    3. Setelah langkah registrasi selesai, masuk sebagai penulis, klik "New Submission". Tahap penyerahan artikel terdiri dari lima tahap, yaitu: (1). Mulai, (2). Upload Submission, (3). Masukkan Metadata, (4). Upload File Tambahan, (5). Konfirmasi.
    4. Di kolom "Start", pilih Section Journal (Full Article), periksa semua daftar periksa.
    5. Di kolom "Upload Submission", upload file manuskrip dalam format PDF di kolom ini.
    6. Pada kolom "Enter Metadata", isi dengan semua data dan afiliasi penulis. Termasuk Judul Jurnal, Abstrak dan Kata Kunci Pengindeksan.
    7. Di kolom "Upload Supplementary Files", penulis diperbolehkan mengunggah file pelengkap, surat pernyataan, atau yang lain lainnya.
    8. Di kolom "Konfirmasi", jika data yang Anda masukkan sudah benar, klik "Finish Submission".
    9. Jika penulis mengalami kesulitan dalam proses penyampaian melalui sistem online, silahkan hubungi tim redaksi Jurnal Keperawatan (JK) di sitirohimahwibi@gmail.com

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.