STUDI KOMPARATIF PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF JENIS SANDPLAY DAN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH

Erni Yuniati

Abstract

Menurut WHO, 5-25% anak usia prasekolah mengalami gangguan perkembangan motorik halus. Perkembangan motorik halus anak salah satunya dipengaruhi oleh penggunaan alat permainan edukatif. Terdapat dua jenis permainan edukatif yang digunakan dalam menstimulus perkembangan motorik halus anak diantaranya adalah pasir (sandplay) dan puzzle. Namun sayangnya dilapangan, kegiatan yang dapat menstimulus perkembangan motorik halus anak masih belum dilakukan dengan adekuat, dalam hal ini frekuensinya masih kurang dari yang digunakan. Sehingga perkembangan motorik halus anak menjadi kurang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui studi komparatif penggunaan alat permainan edukatif jenis pasir (sandplay) dan puzzle terhadap perkembangan motorik halus anak usia prasekolah di Taman Kanak-Kanak at Taqwa Mekarsari, Cimahi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi experiment design dengan rancangan pretest dan posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sejumlah 34 responden terdiri atas 2 kelompok yaitu 17 responden kelompok intervensi permainan edukatif jenis pasir (sandplay) dan 17 responden kelompok intervensi permainan edukatif jenis puzzle. Penilaian menggunakan lembar instrumen DENVER II yang diambil aspek pengukuran motorik halus. Analisa data yang digunakan adalah uji t 2 sampel dependen dan uji t 2 sampel independen untuk bivariat. Hasil penelitian membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara intervensi permainan edukatif jenis pasir (sandplay) dan puzzle terhadap perkembangan motorik halus anak. Berdasarkan hasil penelitian, untuk menstimulus perkembangan motorik halus anak, agar dilakukan dengan menambah frekuensi permainan, dapat menggunakan pasir (sandplay) dan puzzle atau jika kesulitan menyediakan keduanya, dapat menggunakan salah satu saja, pasir (sandplay) atau puzzle saja.

Keywords

Perkembangan motorik halus; stimulus sandplay; stimulus puzzle

Full Text:

PDF Indonesia

References

Anggeria, Elis dan Marsia Resmita. 2019. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kecemasan Pasien Gagal Ginjal Kronik Di Ruang Hemodialisa Rumah Sakit Royal Prima Medan. Jurnal Keperawatan Priority Vol 2 No.1. ISSN 2614-4719.

Agustina, Siska. 2018. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kecemasan Ibu Pre Operasi Sectio Caesarea di RS PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta. Naskah Publikasi. Prodi Ilmu Keperawatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Atziza, Rossadea. 2015. Perbedaan Kadar Limfosit Pre dan Post Hemodialisis Pasien Gagal Ginjal Kronik Di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2015. Skripsi Progrsm Studi Pendidikan Dokter. Universitas Lampung.

Aziz, Toriq. 2017. Identifikasi Dukungan Keluarga terhadap Pasien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisa Di RS Saiful Anwar Malang. UMM.

Bana, Juliantino And Nindita Kumalawati, Santoso. (2016). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik (Ggk) Yang Menjalani Terapi Hemodialisis Di Klinik Utama Dialisi Golden Pmi Diy. Skripsi Thesis. Universitas Alma Ata.

Hawari, Dadang. 2011. Manajemen Stress Cemas dan Depresi. Dasar-dasar Metodologi penelitian Kedokteran dan Kesehatan edisi 6. Jakarta : PT. Raya Grafindo Offset.

Ipo, Astri. Tuti Aryani., dan Marta suri. 2016. Hubungan jenis kelamin dan frekuensi hemodialisa dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di rumah sakit umum daerah raden mattaher jambi. Jurnal Akademia Baiturrahim, Vol.5 No. 2, September 2016.

Kamisasi, Andi. 2018. Kecemasan dan Kesejahteraan Hidup Pada Karyawan yang akan Pensiun PT. Kaltim Prima Coal. ISSN 2477-2674 (online), ISSN 2477-2666 (cetak), ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id

Luana, NA., dkk. 2012. Kecemasan pada Penderita Penyakit Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisis di RS Universitas Kristen Indonesia. Jurnal Media Medika Indonesiana Vol 46, No. 3.

Nurpeni, Ratih Khrisna Made ; Ns. Ni Ketut Guru Prapti, S.Kep., Mns ; Ni Ketut Kusmarjathi, S.Kp,. M.Fis. 2013. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Padapasien Kanker Payudara (Ca Mammae) Di Ruang Angsoka Iii Rsupsanglah Denpasar. Naskah Publikasi. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Suratmi., Abdullah, Rukman. & Taufik, M., 2017. Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Di Program Studi Pendidikan Biologi Untirta. Jurnal Pembelajaran Biologi, Vol 4, No 1.

Yuliana, Y. (2015). Hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan pembatasan cairan pada pasien gagal ginjal kronik dengan terapi hemodialisa di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta (Skripsi). STIKES Aisyiyah. Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.