THE ROLE OF FAMILY SUPPORT IN HEMODIALYSIS PATIENT ANXIETY

Siti Rohimah

Abstract

Hemodialisa merupakan salah satu intervensi pasien dengan Cronic Kidney Disease (CKD).. Terapi ini bukan terapi menyembuhkan atau mengembalikan fungsi ginjal namun hanya berperan sebagai pengganti fungsi ginjal. Ketergantungan penuh terhadap terapi hemodiaisa memberikan efek psikologis kecemasan kepada pasien dan keluarga. Kecemasan pasien akan mempengarhi proses intervensi hemodialisa, hemodinamik yang tidak stabil memiliki risiko terjadi komplikasi saat intervensi berlangsung, untuk mencegah hal tersebut perlu dikaji faktor yang dapat meminimalisir kecemasan dalam rangka mendukung keberhasilan proses hemodiaisa. Berbagai faktor telah dicari mulai usia, jenis kelamin, lamanya terapi, dan dukungan keluarga namun belum ada analisa yang mebandingkan antar faktor yang berpengaruh terhadap kecemasan pasien helodialisa, sehingga peneliti menganggap penting mengembangkan penelitian yang berfokus pada faktor dominan terhadap kecemasan pasien hemodialisa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kusisioner terhdap semua pasien hemodialisa.Sampel penelitian dipilih dengan cara non probability sampling, semua pasien hemodialisa sesuai kriteria penelitian dijadikan responden sejumlah 53 responden. Hasil penelitian menunjukkan. Pasien dengan usia produkstif memiliki tingkat kecemasan yang leih tinggi dan memiliki hubungan erat dengan kecemasan, jenis kelamin laki-laki lebih memiliki tingkat kecemasan yang lebih berat disbanding perempuan dan memiliki hubungan erat dengan kecemasan, lamanya terapi hemodialisa mempengaruhi tingkat kecemasan, semakin lama itervensi tingkat kecemasan semakin menurun, dan dukungan keluarga yang tinggi menurunkan tinkat kecemasan pasien hemodialisa, simpulan akhir setelah dianalisa denga membandingkan faktor mana yang paling memiliki pengaruh yang paling besar terhadap tingkat kecemasan pasien adalah faktor dukungan keluarga dengan nilai p 0,003 (p<0,05).

Keywords

Dukungan Keluarga; Tingkat Kecemasan; Hemodialisis

Full Text:

PDF Indonesia

References

Aisara, S., Azmi, S. & Yanni, M., 2018. Gambaran Klinis Penderita Penyakit Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisa di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Jurnal Kesehatan Andala, 7 (1), P.43.

Anggraeni, D., M & Saryono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.

Anggeria, Elis dan Marsia Resmita. 2019. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kecemasan Pasien Gagal Ginjal Kronik Di Ruang Hemodialisa Rumah Sakit Royal Prima Medan. Jurnal Keperawatan Priority Vol 2 No.1. ISSN 2614-4719.

Anggraeni, Kartika N., Bambang Sarwono dan Sunarmi. 2017. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Depresi pada Pasien yang Menjalani Terapi Hemodialisa di Unit Hemodialisa Rumah Sakit Tentara Dr. Soedjono Magelang. Jurnal Keperawatan Soedirman : The Soedirman Journal Nursing, Vol.12 No.2 Juli 2017. http://dx.doi.org/10.20884/1.jks.2017.12.2.692

Agustina, Siska. 2018. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kecemasan Ibu Pre Operasi Sectio Caesarea di RS PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta. Naskah Publikasi. Prodi Ilmu Keperawatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Aras, D., Ahmad H dan Ahmad A. 2016. Physical Therapist Test and Measure First Edition. Makkasar.

Arifin, Zainal. 2019. Dukungan Keluarga pada pasien Gagal Ginjal Kronik yang menjalani Hemodialisa. Studi Kasus. DIII keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang.

Atziza, Rossadea. 2015. Perbedaan Kadar Limfosit Pre dan Post Hemodialisis Pasien Gagal Ginjal Kronik Di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2015. Skripsi Progrsm Studi Pendidikan Dokter. Universitas Lampung.

Aziz, Toriq. 2017. Identifikasi Dukungan Keluarga terhadap Pasien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisa Di RS Saiful Anwar Malang. UMM.

Bana, Juliantino And Nindita Kumalawati, Santoso. (2016). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik (Ggk) Yang Menjalani Terapi Hemodialisis Di Klinik Utama Dialisi Golden Pmi Diy. Skripsi Thesis. Universitas Alma Ata.

Fitri, A D dan Ifdi. 2016. Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Ejournal.unp.ac.id

Fitrianasari, D.L., Tyaswati, J. E. & Astuti, I. S. W. 2017. Pengaruh Dukungan Keluarga dengan Tingkat Depresi Pada Pasien Chronic Kidney Disease Stadium 5d yang menjalani Hemodialisis di RSUD Dr. Soebandi Jember. Ejournal Pustaka Kesehatan, 6 (1), p. 165.

Hawari, Dadang. 2011. Manajemen Stress Cemas dan Depresi. Dasar-dasar Metodologi penelitian Kedokteran dan Kesehatan edisi 6. Jakarta : PT. Raya Grafindo Offset.

Intan Saraswati, N. L. G., Sri Antari, N. L. Y., & Suwartini, N. L. G. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Pembatasan Cairan Pada Pasien Chronic Kidney Disease Yang Menjalani Hemodialisa. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 10(1), 45-53. https://doi.org/10.34305/jikbh.v10i1.84

Ipo, Astri. Tuti Aryani., dan Marta suri. 2016. Hubungan jenis kelamin dan frekuensi hemodialisa dengan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di rumah sakit umum daerah raden mattaher jambi. Jurnal Akademia Baiturrahim, Vol.5 No. 2, September 2016.

Kamisasi, Andi. 2018. Kecemasan dan Kesejahteraan Hidup Pada Karyawan yang akan Pensiun PT. Kaltim Prima Coal. ISSN 2477-2674 (online), ISSN 2477-2666 (cetak), ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id

Kaplan, S. 2010. Buku Ajar Psikiatri Klinis Edisi 2. Jakarta : Buku Kedokteran EGC.

Kautsar, Fu’ad., Dayal Gustopo., dan Fuad Achmadi. 2015. Uji Validitas dan Reliabilitas Hamilton Anxiety Rating Scale Terhadap Kecemasan dan Produktivitas Pekerja Visual Inspection PT. Widatra Bhakti. SEMINAR NASIONAL, Institut Teknologi Nasional Malang ISSN: 2407 – 7534.

Kementerian Kesehatan RI. 2017. Infodatin Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI, Situasi Penyakit Ginjal Kronis. Jakarta. ISSN 2442-7659.

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Hasil Utama Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar). Jakarta : Kemenkes RI di akses pada 27 Maret 2020 di http://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Hasil-riskesdas-2018_1274.pdf

Larasati, Ratih. 2018. Hubungan Dukungan keluarga dengan Tingkat Kecemasan Pasien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisa di Rumah Sajit dr. Moewardi Surakarta. Naskah Publikasi. Surakarta : Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Liandi, Ramalia. 2011. Hubungan Dukungan keluarga dengan Tingkat Kecemasan Pre Operasi pada Anak Usia Sekolah di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Naskah Publikasi. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah (STIKA).

Luana, NA., dkk. 2012. Kecemasan pada Penderita Penyakit Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisis di RS Universitas Kristen Indonesia. Jurnal Media Medika Indonesiana Vol 46, No. 3.

Mailani, F. & Andriani, R.F. 2017. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan diet pada Pasien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisa. Jurnal Endurance 2(3), P. 148.

Nurpeni, Ratih Khrisna Made ; Ns. Ni Ketut Guru Prapti, S.Kep., Mns ; Ni Ketut Kusmarjathi, S.Kp,. M.Fis. 2013. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Padapasien Kanker Payudara (Ca Mammae) Di Ruang Angsoka Iii Rsupsanglah Denpasar. Naskah Publikasi. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Nursalam. 2014. Metode Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Ed 3. Jakarta: Salemba Medika.

Nurwulan, Desy. 2017. Hubungan Dukungan dengan Tingkat Kecemasan pada Pasien Pre Anestesi dengan Tindakan Spinal Anastesi di RSUD Sleman. Politeknik Kesehatan Yogyakarta.

Perkumpulan Nefrologi Indonesia. 2018. 11th Report Of Indonesian Renal Registry. Diakses di https://www.indonesianrenalregistry.org/data/IRR%202018.pdf dan di unduh pada 27 Maret 2020.

Prajayanti, Eska Dwi. & Sari, Irma Mustika. 2020. Pemberian Intervensi Support Group Meningkatkan Kecemasan pada Pasien yang Menjalani Hemodialisis. ISSN 1858-3385, E-ISSN 2549-7006 GASTER Vol. 18 No. 1.

Rachmawati, N., Wahyuni, D. W & Indriansari, A. 2019. Hubungan Dukungan Keluarga terhadap Kepatuhan Diet Asupan Cairan pada Pasien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisis. Jurnal keperawatan Sriwijaya, 6(1).

Ramadhan, Heru N., Tri Gunarti., dan Agung Purwanto. 2019. Gambaran Tingkat Kecemasan pada Pasien yang Akan Menjalani Operasi Bedah Jantung di RSUP Dr. Kariadi Semarang. Journal of Clinical Medicine. Med Hosp 2019; vol 6 (1) : 44–47.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & B. Bandung : Alfabeta.

Suratmi., Abdullah, Rukman. & Taufik, M., 2017. Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Di Program Studi Pendidikan Biologi Untirta. Jurnal Pembelajaran Biologi, Vol 4, No 1.

Yuliana, Y. (2015). Hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan pembatasan cairan pada pasien gagal ginjal kronik dengan terapi hemodialisa di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta (Skripsi). STIKES Aisyiyah. Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.