PENGARUH KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU DAN MOTIVASI GURU BK TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN (Studi pada Guru BK SMA di Kabupaten Ciamis)

Mamay Kusdinar

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: (1) Kemampuan profesional guru BK masih perlu
ditingkatkan. Sebab masih terdapat guru BK yang bukan berasal dari basik pendidikan bimbingan
dan konseling; (2) Motivasi guru BK masih perlu ditingkatkan. Mengingat dengan adanya motivasi
yang tinggi akan diperoleh layanan yang tinggi; dan (3) Layanan bimbingan masih perlu
ditingkatkan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Berapa
besar pengaruh kemampuan profesional guru BK terhadap layanan bimbingan?; (2) Berapa besar
pengaruh motivasi guru BK terhadap layanan bimbingan?; (3) Berapa besar pengaruh kemampuan
profesional guru terhadap motivasi guru BK?; dan (4) Berapa besar pengaruh kemampuan
profesional guru dan motivasi guru BK terhadap layanan bimbingan?. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah
keseluruhan guru BK SMA di Kabupaten Ciamis, dengan jumlah 51 orang. Sedangkan banyaknya
sampel dalam penelitian ini adalah 51 orang dengan dengan menggunakan teknik total
sampling.Bertolak dari deskripsi masing-masing variabel, dan pembuktian hipotesis serta intrepretasi
lainnya, maka disimpulkan beberapa hal sebagai berikut : 1) Kemampuan profesional guru BK
berpengaruh positif terhadap layanan bimbingan. Artinya semakin baik kemampuan profesional guru
BK, maka akan semakin baik layanan bimbingan; 2) Motivasi guru BK berpengaruh positif terhadap
layanan bimbingan. Artinya semakin baik motivasi guru BK, maka akan semakin baik layanan
bimbingan; 3) Kemampuan profesional guru BK berpengaruh positif terhadap motivasi guru BK.
Artinya semakin baik kemampuan profesional guru BK, maka akan semakin baik motivasi guru BK;
dan 4) Kemampuan profesional guru BK dan motivasi guru BK berpengaruh positif terhadap layanan
bimbingan. Artinya semakin baik kemampuan profesional guru BK dan motivasi guru BK, maka akan
semakin baik layanan bimbingan.
Kata kunci: kemampuan profesional guru, motivasi guru BK, layanan bimbingan


Full Text:

Download

References


Gibson, dkk. 1991. Organiations. Boston:

Homewood.

Hersey dan Blanchard. 1990. Manajemen

Perilaku Organisasi: Pendayagunaan

Sumber Daya Manusia, Jakarta: Erlangga

Hoy, W.K. and Miskel, C. 1993. Educational

Administration: Theory Research and

Practice. New York: Randoom House

Robert, M.W/Travers. 1976. Essentials of

Learning. The New Kognitive Learning forStudets of Education. New York:

Macmillan, Co. Inc.

Sardiman, A.M. 1986. Interaksi Dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta:Raja Grafindo

Persada

Schermerhorn, R. J., G. J. Hunt, and N. R.

Osborn. 1995. “Organizational Behavior”.

John Willey & Son, Inc. 6th

edition, NY.

UU No. 14 Tahun 2005 Undang-undang Guru

dan Dosen


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Add comment

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di Index oleh :

-------------------------------------------------------------------------------------------------------