BERMAIN BOLA ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK BUDI ASIH 12 DESA LEUWILAJA KECAMATAN SINDANGWANGI KABUPATEN MAJALENGKA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ida Nuraida

Abstract

Permainan berhitung akan berhasil jika anak diberi kesempatan berpartisipasi dan dirangsang untuk menyelesaikan masalahmasalahnya sendiri, Permainan behitung membutuhkan suasana menyenangkan dan memberikan rasa aman serta kebebasan bagi anak. Untuk itu diperlukan alat peraga/media yang sesuai dengan benda sebenarnya (tiruan), menarik dan bervariasi, mudah digunakan dan tidak membahayakan. Selain itu bahasa yang digunakan didalam pengenalan konsep berhitung seyogyanya bahasa yang sederhana dan jika memungkinkan mengambil contoh yang terdapat di lingkungan sekitar. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah 1) untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan secara sederhana. 2) Untuk meningkatkan kemampuan dan memotivasi anak di kelompok B Tk Budi Asih 12 Desa Luewilaja Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam berhitung permulaan melalui bermain bola angka yang lebih mudah dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: menggunakan bermain bola angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak di TK Budi Asih 12 Desa Leuwilaja Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun peningkatan rata-rata persentase kemampuan berhitung permulaan anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni Pra siklus 47, 25%, Siklus I mencapai 57, 75% dan siklus II mencapai 86, 37%.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. “Penelitian Tindakan Kelas”. Jalkarta: PT BumiAksara. Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Bahan Ajar Pendidikan Profesi Guru. Bandung: UPI Dimyati, Johni. 2013.

Depdiknas (2007). Permainan Berhitung Permulaan. Jakarta. Ian. 2011. “Pengertian Tentang Kemampuan”. UT. UPBJJ Purwokerto. Diakses Senin, 1 Agustus 2016, di http://www. ian43. wordpress. com

Dimyati, Johni. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ). Jakarta: Kencana

Jumhur, Adang. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Nurbiana Dhieni. 1993. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: UT

Sarep Putra, Mahasri. 2008. Menumbuhkan Minat Berhitung Sejak Dini. Jakarta: Indeks.

Sujono Yuliani Nurani, dkk. 2009, Metode Pengembangan Kognitif. (PGTK2101) Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaman, Badru. 2010. Media Pembelajaran AUD. Bahan Ajar Pendidikan Profesi Guru. Bandung: UPI

Refbacks

  • There are currently no refbacks.