PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DENGAN METODE BRAINSTORMING DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI

Ilah Ilah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa yang kurang optimal di kelas XI Akuntansi SMK Negeri 3 Banjar. Hasil kurang memuaskan terlihat pada Kompetensi Dasar Akuntansi Perusahaan Dagang. Salah satu penyebabnya adalah kurangtepatnya penggunaan model pembelajaran. Menyikapi permasalahan tersebut, peneliti mencoba melakukan eksperimen, yakni menerapkan metode Role Playing dan metode Brainstorming. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan design Nonequivalent Control Group Design. Objek penelitian ini terdiri atas dua kelas, yakni kelas eksperimen sebanyak 15 orang dan kelas kontrol sebanyak 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik tes. Pengolahan data menggunakan rumus Uji-t. Hasil analisis menyatakan bahwa hasil pembelajaran dengan menggunakan model Role Playing lebih unggul dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Brainstorming.

This research is backed by the low learning outcomes of students in class XI accounting SMK Negeri 3 Banjar. Less satisfactory results are seen in the basic competency of accounting company. One of the reasons is precisely the use of learning models. Addressing the issue, researchers are attempting to experiment, which is implementing Role Playing learning methods and Brainstorming learning methods. The research method used is the experimental method with the design of Nonequivalent Control Group Design. The object in this study consisted of two classes, the experimental class as many as 15 people and a control class of 14 people. Data collection techniques using observation techniques and test techniques. Data processing Using test-t formula. The results of the analysis stated that learning outcomes using the Role Playing learning model was superior to the learning outcomes of learners using the Brainstorming model.

Keywords


Model Pembelajaran; Role Playing; Brainstorming

References


Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010). Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2015. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Baharudin, dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Darmadi, Hamid. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Fatturohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Jamil, Suprihatiningrum. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Karim, Abdul. 2017. Penerapan Metode Brainstorming Pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII di SMPN 4 Rumbio Jaya. (Online). (Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR Vol 5 No 1 Tahun 2017 ISSN: 2337-652x).

Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik ( Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Halimah, Siti Nur. 2017. Penerapan Model Role Playing dengan Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Hasil Belajar padaPembelajaran Akuntansi Kelas XI SMKN 1 Surakarta. (Online). (Jurnal Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret Vol 3 No 1 Tahun 2017).

Hamdayana, Jumanta. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Ismiah, Lia. 2016. Efektivitas Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Muhammadiyah Pakem Sleman. (Online). (http://journal.student.ac.id).

Luthfiyati. 2011. Model Pembelajaran Osborn Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. (Online). Tersedia:http://www/te2hicacu.files.wordpress.com/2011/12artikel.docx.[akses: Februari 2015].

Mulyono, Nono. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Rizqi Press.

Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Salahudin, Anas dan Irwanto Alkrienciehie. 2013. Pendidikan Karakter. Bandung: Pustaka Setia.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2012. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2016. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijanto. 2009. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/je.v8i1.3369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.