PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TIPE OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Dadi Indra Permana

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas X IIS SMAN 1 Bantarujeg disebabkan terpusatnya pembelajaran yang menyebabkan kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran dan juga dalam penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Peneliti menerapkan model pembelajaran berbasis masalah tipe open ended pada kelas eksperimen dan metode pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Peneliti menggunakan metode quasi experimental dengan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data melalui pretest dan posttest baik di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol. Pengolahan data menggunakan rumus Uji-t. Hasil penelitian bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah tipe open ended dibandingkan dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah tipe open ended lebih unggul dibandingkan dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional.

Keywords

Model Open Ended; Hasil Belajar

References

Anni, Catharina Tri. (2008). Psikologi Belajar. Semarang: Unnes.

Arifin, Nur Rizqi & Budi Yasri (2019). Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Reciprokal Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal Civics and Social Studies. Volume 3, Nomor 2 tahun 2019.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Faridah, Nenden, Isrokā€™atu, Ani Nur Aeni. (2016). Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Pena Ilmiah: Volume 1, Nomor 1 tahun 2016.

Nazir, Moh. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rusman. (2012). Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sudjana, Nana. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.