ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT PROGRAM PELATIHAN DAN PENDIDIKAN DALAM PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA

Toto Toto, Endang Rustendi

Abstract

Pelatihan dan pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan, hal tersebut bisa meningkatka kemampuan dari karyawan dalam sebuah perusahaan. Di era serba digital ini perusahaan seyogyanya bisa beradpatasi dengan keadaan. Penelitian ini bertujujan untuk mengetahui analisis faktor-fator penghambat program pelatihan dan pendidikan dalam pengembngan sumberdaya manusia di CV. Adiba Guna Pratama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, untuk memperolah data penulisan mengumpulkan data-data penunjang penelitian ini dengan survei langsung dan mengadakan wawancara dengan pihak terkait, melihat buku literatur, jurnal, dan dan referensi lainnya guna selesainya penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian hasil yang di dapat terkait dengan faktor penghambat program pelatihan dan pendidikan dalam pengembangan sumberdaya manusia adalah 1) Kemampuan Personil/karyawan 2) Perubahan Teknologi 3) Materi 4) Instruktur 5). Metode 6). Automatical Habitual Training.

Keywords

Sumberdaya Manusia; Pelatihan; pendidikan

References

Hasibuan, M. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, M. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, M. (2011). Manajemen, dasar, pengertian dan masalah. Jakarta: PT. Aksara.

Mangkunagara, A.P. (2009) Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: PT. rosdakarya.

Pakpahan, S. edi, at all. (2012). Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja pegawai (studi pada badan kepegawaian daerah kota malang). Jurnal Administrasi Publik Volume 2, Nomor 1 tahun 2014.

Prajitiasari, E.D. (2012). Pengaruh pendidikan dan pelatihan pada karyawan terhadap produktivitas kerja pada PT. Bank rakyat indonesia (persero) cabang tulungagung. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58616

Turere, V.N. (2013). Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap peningkatan kinerja karyawan pada balai pelatihan teknis pertanian kalasey. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. Volume 1 Nomor 3 Tahun 2013.

Wuradji, Baiquni Rahmat (2012) Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Program Sekolah Riset di SMA Negeri 6 Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Volume 5, Nomor 2 Tahun 2012.

Yanti, R.A.E. dan Arifin, N.R. 2020. Akuntabilitas pemanfaatan tanah bengkok dalam Meningkatkan kesejahteraan perangkat desa. Jurnal Sosio Ekons. Volume 12, Nomor 3, Desember 2020.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.