Budaya Mungkus di Kecamatan Cikoneng

Rita Patonah, Tati Heryati, Dedeh Dedeh, Nur Rizqi Arifin, Endang Mulyadi

Abstract

Keberadaan Home Industry di Kecamatan Cikoneng sudah berlangsung secara turun temurun dan mampu memperluas lapangan kerja. Tenaga kerja yang dibutuhkan meliputi tenaga bagian produksi, pengemasan (mungkus) dan pemasaran. Adapun jumlah tenaga kerja yang paling banyak  terlibat yaitu tenaga bagian pengemasan (mungkus). Respon masyarakat untuk bekerja di bagian ini sangat tinggi, karena tidak menuntut persyaratan akademik, usia, dan keterampilan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi  budaya mungkus dalam membantu perekonomian masyarakat. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Subyek penelitian yakni tenaga kerja yang bertugas sebagai  pembungkus yang tersebar di sembilan desa  di wilayah Kecamatan Cikoneng. Simpulan dari penelitian ini bahwa budaya mungkus merupakan mata pencaharian yang memberikan kontribusi dalam membantu perekonomian masyarakat.

Keywords

Budaya mungkus; pendapatan masyarakat

References

Agustina, Wawan. 2011. Teknologi Pengemasan, Desain dan Pelabelan Kemasan Produk Makanan. Subang: LIPI.

Maulidah, Fadiliyah. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pendapatan dan Konsumsi Terhadap Jumlah Penduduk Miskin di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. https://journal.unesa.ac.id. diakses tanggal 8 Desember 2021.

Pratikto, Adji. 2012. Pengaruh Budaya Terhadap Kinerja Perekonomian. Jurnal Buletin Studi Ekonomi. Vol.17, No.2

Q.S. An-Naba ayat 11

Q.S. Al-A’raf ayat 10

Sihombing, Sabrina. 2013. Pengidentifikasian Dimensi-Dimensi Budaya Indonesia: Pengembangan Skala dan Validasi. http://jp.feb.unsoed.ac.id. diakses tanggal 8 Desember 2021.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R& D. Bandung: Alfabeta.

Tambunan. 2011.Teori Ekonomi Makro. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta

Tulusan, Femmy M.G. 2014. Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Program Pemberdayaan Di Desa Lolah II Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa. Jurnal LPPM Bidang EkoSusBudKum. https://media.neliti.com. diakses tanggal 8 Desember 2021.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.