Strategi Digital Fundraising Zakat di Indonesia

Juliana Nasution

Abstract

Perubahan strategi fundraising zakat di era digital merupakan sebuah keniscayaan untuk mengoptimalkan penghimpunan zakat. Dalam artikel ini, penulis akan menganalisis secara mendalam terkait dengan strategi digital fundraising zakat pada LAZ Dompet Dhuafa, yang secara khusus membahasa strategi-strategi digital marketing. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi lapangan, atau dokumen yang ada, termasuk akun media sosial dan website LAZ. Hasil penelitian dideskripsikan secara terstruktur dan sistematis dengan menggunakan metode thematic analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dompet Dhuafa telah mengembangkan digital fundraising dalam penghimpunan zakat, di mana ia telah berhasil menjadi penopang lembaga saat pandemi dan telah berhasil meningkatkan penghimpunan zakat. Untuk mendukung pengembangan digital fundraising ini, Dompet Dhuafa telah mengadopsi strategi-strategi digital marketing mancakup peningkatan search engine optimization (SEO), content marketing, otomatisasi pemasaran, pay-per-click (PPC), native advertising, affiliate marketing, dan  sosial media marketing. Strategi ini telah berhasil meningkatkan volume dan memperluas jangkauan pemirsa sebagai target muzakki, tetapi lembaga zakat pada saat ini tetap perlu memadukan strategi digital dan non-digital.

Keywords

Digital Fundraising; Dompet Dhuafa; Strategi; Zakat

References

Ahmed, H. (2008). Zakah, macroeconomic policies, and poverty alleviation: Lessons from simulations on Bangladesh. Journal of Islamic Economics, Banking and Finance, 4(2), 81-105.

Bala, M., & Verma, D. (2018). A critical review of digital marketing. M. Bala, D. Verma (2018). A Critical Review of digital marketing. International Journal of Management, IT & Engineering, 8(10), 321-339.

Di Pietro, F., Spagnoletti, P., & Prencipe, A. (2019). fundraising across digital divide: Evidences from charity crowdfunding. In Organizing for Digital Innovation (pp. 111-124). Springer, Cham.

Duffy, D. L. (2005). affiliate marketing and its impact on e‐commerce. Journal of consumer marketing.

Ghofur, Abdul. (2018). Tiga Kunci fundraising: Sukses Membangun Lembaga Nirlaba. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gudivada, V. N., Rao, D., & Paris, J. (2015). Understanding search-engine optimization. Computer, 48(10), 43-52.

Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 2(3), 317-324.

Kapoor, K. K., Dwivedi, Y. K., & Piercy, N. C. (2016). Pay-per-click advertising: A literature review. The Marketing Review, 16(2), 183-202.

Nasution, J. (2017). Analisis pengaruh kepatuhan membayar zakat terhadap keberkahan. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 282-303.

Nasution, J. (2021). DISTRIBUTION AND EMPOWERMENT OF ZAKAT IN MAQASID SHARIA PERSPECTIVE (Case Study of Dompet Dhuafa Waspada). At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam, 7(2), 213-229.

Nasution, J., & Nasution, M. I. (2021). Pemanfaatan digital fundraising Dalam Meningkatkan Penghimpunan Zakat Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syariah dan Filantropi Islam, 5(1), 55-74.

Ninglasari, S. Y., & Muhammad, M. (2021). Zakat Digitalization: Effectiveness of Zakat Management in the Covid-19 Pandemic Era. Journal of Islamic Economic Laws, 4(1).

Ningrum, G. H., Firnanda, R. D., Purnamasari, W., & Huda, B. (2021). Optimalisasi Peluang Media Digital: Strategi Meningkatkan fundraising Zakat di Lembaga Taman Zakat Indonesia. Management of Zakat and Waqf Journal (MAZAWA), 3(1), 45-62

Nugrahani, F. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books.

Pusat Kajian Strategis – Badan Amil Zakat Nasional. (2019). Indikator Pemetaan Potensi Zakat (IPPZ). Jakarta: PUSKAS BAZNAS.

al-Qardawi, Y. (1973). Fiqh Az-Zakȃh. Beirut: Muassasah Ar-Risalah.

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis. Karakteristik dan Kegunaannya. Jakarta: Grasindo.

Rowley, J. (2008). Understanding digital content marketing. Journal of marketing management, 24(5-6), 517-540.

Salma, Husniati. (2020). “Strategi digital fundraising Zakat, Infak, dan Sedekah serta Penyalurannya di Indonesia” Tesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.

Soemitra, A., & Nasution, J. (2021). The Influence of Zakat Literacy, Trust, and Ease of Digital Payments on Generation Z and Y Intention in Paying Zakat to Amil Zakat Organizations. In International Conference of Zakat (pp. 323-334).

Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wojdynski, B. W., & Golan, G. J. (2016). native advertising and the future of mass communication. American Behavioral Scientist, 60(12), 1403-1407.

Zhou, H., & Ye, S. (2019). fundraising in the Digital Era: Legitimacy, Social Network, and Political Ties Matter in China. VOLUNTAS: International Journal of Voluntary and Nonprofit Organizations, 1-14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.