ANALISIS KINERJA APARAT PEMDA SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN SISTEM TIK PENDUKUNG E-GOVERNMENT (Studi Pada Pemerintahan Kabupaten Batanghari)

Rita Friyani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil perbandingan Kinerja Aparat Pemda Kabupaten Batanghari Sebelum dan Sesudah Penerapan Sistem TIK Pendukung E-Government. Data yang dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner yang dapat dianalisis. Dari penelitian ini diharapkan dapat terlihat apakah dengan penerapan Sistem TIK Pendukung E-Government maka kinerja Aparat Pemda Batanghari meningkat sehingga mampu meningkatkan layanan publik, meningkatkan efektivitas manajerial sesuai dengan pengertian dari E-Government itu sendiri. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah komitmen organisasi, gaya kepemimpinan dan partisipasi penyusunan anggara. Sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah kinerja aparat Pemda. Hasil penelitian ini dapat digunakan baik untuk kepentingan akademisi maupun pemerintahan.Kata Kunci: Kinerja, Sistem TIK, dan E-Government

Full Text:

PDF INDONESIA

References

Bastian, Indra. 2001. Akuntansi Sektor Publik. Penerbit BPFE. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Bastian, Indra. 2006. Sistem Perencanaan dan Penganggaran Pemerintahan Daerah di Indonesia. Salemba Empat. Jakarta.

Batangharikab.go.id. 2014

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Ketiga. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Herminingsih. 2010. Pengaruh Partisipasi Penganggaran dan Peran Manjerial Pengelolaan Keuangan Daerah terhadap Kinerja Pemerintah Daerah.. Tesis Magister Akuntansi Universitas Diponegoro. Semarang. Tidak dipublikasikan.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2002. Metode Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta.

Mahsun, Mohammad. 2009. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Edisi Ketiga. BPFE, Yogyakarta.

Sardjito, Bambang dan Osmad Muthaher. 2008. Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran terhadap Kinerja Aparat Pemerintahan Daerah: Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating Jurnal Ekonomi dan Bisnis vol. 2. No. 1.

Sardjito, Bambang dan Osmad Muthaher. 2007. Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran terhadap Kinerja Aparat Pemerintahan Daerah: Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating SNA X Makassar. ASPP 07.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.