Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Sekolah: Studi di SMP Negeri 1 Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis

Uung Runalan Soedarmo, Maman Herman

Abstract


Kepala sekolah sebagai manajer sangat membutuhkan tiga macam keterampilan manajerial yaitu keterampilan konsep, keterampilan teknik, dan keterampilan hubungan manusia. Alasan pentingnya keterampilan manajerial kepala sekolah yaitu, kepala sekolah merupakan manajer yang menempati tiga jenjang manajer. Kepala sekolah sebagai manajer tingkat atas dilingkup sekolah, sebagai manajer tingkat menengah dilingkup Dinas Pendidikan, dan sebagai manajer tingkat bawah dilingkup Kementerian Pendidikan. Urgensi penelitian ini adalah kepala sekolah sebagai manager yang dituntut memiliki keterampilan manajerial yang memadai. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan manajerial kepala sekolah dari aspek konseptual skills, human skills, teknikal skills dalam meningkatkan prestasi sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan manajerial kepala sekolah ditinjau dari aspek kemampuan konseptual (conceptual skills) telah dilaksanakan dengan baik, namun demikian ada aspek yang perlu ditingkatkan dalam mengkoordinasikan visi, misi, dan tujuan sekolah. 2) Kemampuan manajerial kepala sekolah ditinjau dari aspek kemampuan mengelola sumber daya manusia (human skills)  telah dilaksanakan dengan baik, namun demikian ada aspek yang perlu ditingkatkan dalam menjaga budaya yang baik. 3) Kemampuan manajerial kepala sekolah ditinjau dari aspek kemampuan teknik (technical skills) telah dilaksanakan dengan baik, namun demikian pada aspek yang perlu ditingkatkan dalam menerapkan tindakan korektif.

 

Kata Kunci: kemampuan, manajerial, kepala sekolah, prestasi sekolah


Full Text:

PDF

References


Alwi, Syafarudin. 2008: manajemen sumber daya manusia. Edisi kedua. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Creswell, Jhon.W, (2007). Qualitative inquiry and research design: choosing among five approasches (3nd ed.). Thousand Oaks Calipornia: Sange.

Danim, S.,2009,Ekonomi sumber daya manusia, Bandung: Pustaka Setia.

Daryanto, 2011,Administrasi pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. 2005.Buku Petunjuk Pelaksanaan Bantuan Operasional Sekolah Tahun 2005. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa

Depdiknas. 2010.Buku Panduan Bantuan Operasional Sekolah Tahun 2010, Bandung: Rosda Karya

Husaini, Usman, 2009. Manajemen teori, praktik, dan riset pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Lincoln, Yvonna S. Dan Egon G. Guba, 1985. Naturalistic Inguiry, 1st edition, Sage Publication, Beverly Hills.

Lunenburg, Fred C and Allan C. Ornstein, 2000.Educational Administration; Concepts and Practices, USA: Wadsworth

Maleong, Lexi. J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja

Manulang, M, 2002. Manajemen Personalia.Jakarta : Balai Pustaka

Masaong, Kadim, 2010, Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru, Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, E. 2002.Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi, dan Implementasi.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2013. Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Permadi, Dadi, 2008, Kepemimpinan Mandiri (Profesional) Kepala Sekolah (Kiat Memimpin Yang Mengembangkan Partisipasi), Bandung, PT Sarana Panca Karya.

Reinhartz, Judy & Don M. Beac, 2004.Educational Leadership: Changing schools, changing roles. USA: Pearson

Saondi, Ondi. 2014. Membangun Manajemen Pendidikan Berbasis Sistem Informasi. Bandung: PT Refika Aditama

Satori, Djam’an & Komariah, Aan. 2009. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung:Alfabeta

Satori, Djam’an.2008.Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka

Suhardan, Dadang, 2014, Supervisi Profesional, Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Syamsi, Ibnu, 1994. Pokok-pokok Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Rineka Cipta

Tohirin. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ulbert, silalahi, 1996.Asas asas manajemen. Bandung: mandar maju

Wahjosumidjo, 2008, kepemimpinan kepala sekolah “tinjauan teoritik dan permasalahannya. Jakarta:PT Grafindo Persada

Wahyudi, 2009.Kepemimpinan Kepala Sekolah; dalam organisasi pembelajar (learning organization). Bandung: Alfabeta

Widjaja, H.A.W. 2007. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta

Wijaya, Cece, 2004, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

______, PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

______, Permendiknas no. 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala sekolah

______, Manajemen Sekolah Efektif Dan Unggul.https://ilmucerdaspendidikan.wordpress.com2011/04/27/157/diunduh pada tanggal 09 April 2017 pkl 17.00 WIB.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i2.9412

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v1i2.941

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i2.941.g8376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar