Fungsi dan Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Studi di SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 3 Tasikmalaya

Latief Surjana

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peran dan fungsi komite sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di  SMK  Negeri  2  Tasikmalaya dan SMK Negeri 3 Tasikmalaya Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif-kualitatif. Dalam penelitian  sumber data yang dipilih adalah kepala sekolah, pengurus komite sekolah,guru, siswa, alumni, dan orangtua siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa komite sekolah telah memahami fungsi dan peran komite sekolah dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran sekolah yang cukup baik dalam menganalisis, mengantisifasi permasalahan-permasalahan, mengkoordinasikan dan mengintegrasikan semua kegiatan sekolah sehingga tujuan sekolah dapat dicapai. Komite sekolah cukup baik dalam menggalang dana dari masyarakat serta  menjalin komunikasi dan kerjasama dengan orang tua siswa dan tokoh masyarakat guna mengembangkan mutu pendidikan sekolah. Komite sekolah cukup baik dalam membina hubungan  dengan masyarakat serta  menjalin komunikasi dan kerjasama dengan tenaga pendidik, orang tua siswa dan tokoh masyarakat dalam mengembangkan mutu pendidikan sekolah. Simpulan penelitian dapat dinyatakan bahwa komite sekolah punya peranan penting dalam memajukan sekolah dan meningkatkan mutu pendidikan meski banyak faktor, keberhasilan pelaksanaan program yang dijalankan oleh komite sekolah ada faktor pendukung yaitu kerjasama yang baik antara sekolah dengan komite sekolah serta ketersediaan dana yang membiayai penyelenggaraan pendidikan. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan program adalah pembayaran  dana komite sekolah yang tidak konsisten dengan kesepakatan pada rapat komite. Kata Kunci : Peran, fungsi, mutu pendidikan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta :Renika Cipta. 370 hlm.

Arikunto, Suharsimi & Lia Yuliana. 2009. Manajemen Pendidikan. Jogyakarta : Aditya Media.Yogyakarta. 402 hlm.

Bungin, Burhan. 2010. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada. 274 hlm.

Fattah, Nanang. 2004. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya. 163 hlm.

Hadis, Abdul& Nurhayati. 2010. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung :Alpabeta. 128 hlm.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 044 Tahun 2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Miles, B.M& Huberman, M.A. 1992. Analisis Data Kualitatif. Penerjemah: Rohadi,R.T. Jakarta: Universitas Indonesia

Moleong, 2014.Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-32,Edisi Revisi. Bandung : Remaja Rosdakarya. 410 hlm.

Muhidin, Ali Sambas. 2010. Partisipasi Dunia Usaha dan Dunia Industri. Industri.html.

Mujtahid. 2010. Pemberdayaan Komite Sekolah. (Online). http: Mujtahid-komunitaspendidikan.blogspot.com/2010/05/pemberdayaan-komite- sekolah.html. diakses 6 April 2017.

Mulyasa, E. 2006. Manajeme Berbasis Sekola Konse Strategis dan Implementasi. Bandung :PT Remaja Rosdakarya.

Pantjastuti, Sri Renani, dkk. 2009. Resensi: Komite Sekolah, Sejarah dan Prospeknya di Masa Depan. (Online).http: guru.fkip.uns.ac.id. diakses 5 April 2017.

Satori & Komariah, 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan ke -6,.Bandung : Alfabeta. 274 hlm

Satori, 2016.Pengawasan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Cetakan ke-2,.Bandung : Alfabeta. 272 hlm

Suhardan, 2014.Supervisi Profesional.Cetakan ke-5,. Bandung : Alfabeta.

hlm.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i2.9432

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v1i2.943

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i2.943.g8391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar