Studi Program Guru Pembelajar Pasca Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru: Studi MGMP IPA di SMP Kabupaten Ciamis

Linlin Herlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: 1) Bentuk dan isi Program Guru Pembelajar, 2) Implementasi Program Guru Pembelajar, 3) Hambatan-hambatan  yang terjadi dalam implementasi Program Guru Pembelajar, 4) Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam implementasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa Program guru pembelajar ini sudah dapat diimplementasikan di Kabupaten Ciamis di MGMP IPA SMP bahwa Ada 4 cluster, yaitu instruktur/mentor sebanyak 9 orang, 22 orang yang ikut program guru pembelajar Moda Daring Murni, sebanyak 76 orang Moda Daring Kombinasi dan 60 orang Moda Tatap Muka, maka banyaknya guru IPA SMP Kabupaten Ciamis yang telah melaksanakan Program Guru Pembelajar tahun 2016 sebanyak 167 orang atau 55,16% dari 303 guru. Seluruh peserta dengan semua moda, baru menyelesaikan pembelajaran masing-masing 2 modul saja  dengan modul yang dipelajari ada 5 macam modul adalah Modul KK-A, KK-C, KK-E, KK-G dan KK-H.

 

Kata Kunci: program guru pembelajar, uji kompetensi guru, peningkatan profesionalisme guru


Full Text:

PDF

References


Ahmad Tafsir (2004), Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Akhmad Solihin (2017), Strategi Dan Model Pembelajaran Orang Dewasa, https://visiuniversal.blogspot.co.id/2013/12/strategi-dan-model-pembelajaran-orang.html tersedia Minggu, 5 Feb 2017 pukul 17:44

Anggita Windy M, Metode Pendidikan Orang Dewasa, http://10103awm.blogspot.co.id/2014/03/metode-pendidikan-orang-dewasa.html tersedia minggu, 5 feb 2017 pukul 17:58

Cristine, Maylanny (2008), Perilaku Organisasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2005), Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Enas, dkk. (2015), Pedoman Penulisan Usul Penelitian, Penulisan Tesis & Artikel Ilmiah, Ciamis: Galuh Nurani Publishing House

Guru Pembelajar (Moda Tatap Muka) http://www.msyarifah.my.id/guru-pembelajar-moda-tatap-muka/ [online] tersedia Rabu, 19 oktober 2016.

Hari Amanto dan Rugianto (2016), Modul Daring “Pengembangan Potensi Peserta Didik dan Penerapan Rangkaian Elektronika” http://konten.elearning.id/course/view.php?id=4050

Hariyanto, Bambang, Kompetensi Guru Menentukan Mutu Kualitas Pendidikan, http://gioakram13.blogspot.com/2013/06/10-kompetensi-guru.html#ixzz44LSR67Ol, tersedia minggu, 5 feb 2017.

Ketut Suma, (2004), Peningkatan Profesional Guru Sains, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, Edisi Khusus TH. XXXVII Desember 2004

Lexy J. Moleong, (2005), Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2009), Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013), Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nazir, Moh. (2005), Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rahardjo, Mudjia https://www.scribd.com/doc/221889047/Analisis-Data-Penelitian- [online] tersedia Rabu, 19 Oktober 2016.

Ridwan, (2014), Upaya-Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, Vol. 2 No. 1, November 2014

Sardiman A.M. (2005), Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A.M. (2000), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan VI (2014), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Penerbit Alfabeta.

Selvi Kiymet, (2010), Teachers’ competencies, International Journal of Philosophy of Culture and Axiology, vol. VII, no. 1/2010.

Suharsimi Arikunto, (1997), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Suryana, (2014), Manajemen Strategik Untuk Bisnis dan Organisasi Non Profit (Bahan Perkuliahan), Ciamis: Program Pasca Sarjana Universitas Galuh.

______, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen.

______, Kemendikbud - Dirjen GTK, 2016. Guru Pembelajar - Petunjuk Teknis Moda Dalam Jaringan (Daring).

______, http://www.guru-pembelajar.com/

______, https://en.wikipedia.org/wiki/Learning_management_system

______, https://gurupembelajar.id/MANUAL-GPO/Buku_Manual_Admin.pdf

______, https://gurupembelajar.id/MANUAL-GPO/Buku_Manual_Pengampu_dan_Mentor.pdf

______, https://gurupembelajar.id/MANUAL-GPO/Buku_Manual_Peserta.pdf

______, https://gurupembelajar.id/MANUAL-GPO/Modul_dasar_TIK_GP_Daring.pdf

______, https://teorionline.wordpress.com/service/metode-pengumpulan-data/ [online] tersedia Rabu, 19 Oktober 2016.

______, http://www.ukg2016.com/2016/02/guru-pembelajar-2016.html [online] tersedia pada Rabu, 19 Oktober 2016

______, http://www.gurusd.net/2016/05/buku-panduan-guru-pembelajar-moda.html

______, http://www.ukg2016.com/2016/06/contoh-surat-pemberitahuan-akses.html [online] tersedia pada Rabu, 19 Oktober 2016

______, http://jetjetsemut.blogspot.co.id/2016/06/guru-pembelajar-moda-daring-kombinasi.html, Rabu, 19 Oktober 2016




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i2.9458

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v1i2.945

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i2.945.g8412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar