Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Fasilitas Belajar Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan: Studi pada SMK Negeri Se-Kota Bandung

Enjang Sarifudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh dan besaran kontribusi dari kompetensi pedagogik dan fasilitas belajar terhadap kinerja guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Metode pelitian menggunakan ex post facto dengan populasi guru SMK se-kota Bandung dengan jumlah populasi 15 guru pendidikan jasmani. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random. Instrumen penelitian menggunakan angket pelaksanaan kompetensi pedagogik, fasilitas belajar dan kinerja. Adapun uji analisis data menggunakan uji regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kompetensi pedagogik memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja dengan besaran kontribusi 57,8%. Fasilitas belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja dengan besaran kontribusi 55,9%. Sedangkan kompetensi pedagogik dan fasilitas belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan dengan besaran kontribusi terhadap kinerja 67,0%.

 

Kata Kunci: kompetensi pedagogik, fasilitas belajar, kinerja guru


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Rifa’I dan Catharina, Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes.

Arianto.2008. Pengertin Prestasi Belajar. (http://sobatbaru.blogspot.com diakses 5 Februari 2013.

Hamalik, Oemar, (2008), Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Kiymet, S,. (2010). Teaches’ Competencies. International Journal of Philosophy and Axiology, Vol. VII, No. 1/2010 (diakses 9 April 2011).

Nur Aeni Yuniarsih.2010.“Kompetensi Profesional Guru dan Fasilitas Belajar pengaruhnya terhadap kemampuan mengetik sistem 10 jari buta siswa kelas X Program keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pemalang”. Tesis. UNNES.

Rifa’I, Ahmad dan Anni Catharina. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes.

Sagala S. (2011). Administrasi Pendidikan Kontemporel. Bandung; Alfabeta

Saifudin Azwar. (2003). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: UNY Press

Sudarwan Danim. (2010). Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta

Sudjana, N., (2005,) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung, Remaja

Sugiyono. (2010). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i2.9486

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v1i2.948

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i2.948.g8449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar