Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kinerja Guru: Studi di SLB Negeri Ciamis dan SLB Negeri Banjar

Neni Mulyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanKemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kinerja Guru di SLB Negeri Ciamis dan SLB Negeri Banjar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian SLBN Ciamis dan SLBN Banjar, dengan objek penelitian adalahKemampuan Manajerial Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kinerja Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada SLBN Ciamis dilakukan dalam bentuk rapat/pertemuan tatap muka bersama para guru.(2) Pengorganisasian kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada SLBN dilakukan dengan mempersiapkan guru dalam penugasan, (3) Penggerakkan yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dilakukan dengan pembinaan kinerja, dan melaksanakan penilaian kinerja, (4) Pengawasan kinerja guru di SLBN Ciamis dan Banjar belum efektif. Simpulan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah hendaknya memberikan bimbingan terhadap guru dalam meningkatkan kinerjanya dan melakukan penilaian terhadap kinerja guru secara efektif sesuai ketentuan penilaian kinerja guru, disi lain kepala sekolah dan pengawas sekolah harus melakukan koordinasi yang lebih baik dalam melakukan pengawasan kinerja bagi guru.

 

Kata Kunci: kemampuan manajerial, pengembangan, kinerja guru


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi I dan Revisi VI (2006). Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. 2007. Manajamen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : ALFABETA, CV.

Sarwoto. 1997. Dasar-dasar Organisasi Manajerial. Jakarta : Bumi Aksara.

Siagian, Sondang P. 2007. Fungsi-fungsi Manajerial. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutisna, Oteng. 1993. Administrasi Pendidikan (Dasar Teoritis untuk Praktek Profesional). Bandung : Angkasa.

Sutopo. 1999. Administrasi Manajemen dan Organisasi. Jakarta : lembaga Administrasi Negara.

Wahjosumidjo. 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung : CV Alfabeta.

Wibowo. 20007. Manajemen Kinerja. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Winardi. 2003. Teori Organisasi dan Pengorganisasian. Jakarta : PT Raja Grafindo Perkasa.

Yamin, Martinis. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta : Gaung Persada.




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i2.9491

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v1i2.949

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i2.949.g8454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar