Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru: Studi Pada SMPN 2 Jatiwaras dan SMPN 2 Salopa Kabupaten Tasikmalaya

Metty Nurherliyany

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka simpulan diperoleh antara lain 1) analisis eksternal dan internal yang dilakukan kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalitas guru di SMPN 2 Jatiwaras dan SMPN 2 Salopa Kabupaten Tasikmalaya telah dilakukan dengan baik. Hal ini ditunjukan dengan laksanakannya analisis terhadap motivasi  guru, fasilitas pembelajaran, pendekatan dan metode mengajar guru, dukungan biaya untuk melengkapi sarana dan prasarana dan  analisis tuntutan masyarakat  terhadap peningkatan profesionalisme guru. 2) Perencanaan strategi kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalitas guru di SMPN 2 Jatiwaras dan SMPN 2 Salopa Kabupaten Tasikmalaya telah dilakukan dengan baik. Hal ini ditunjukan dengan adanya pelaksaan perumusan tujuan dan sasaran, perumusan program kegiatan dalam pembinaan guru dan pengorganisasian kegiatan pembinaan guru oleh kepala sekolah. 3) Pelaksanaan strategi kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalitas guru di SMPN 2 Jatiwaras dan SMPN 2 Salopa Kabupaten Tasikmalaya secara umum telah dilakukan dengan baik. Hal ini ditunjukan dengan adanya pemeriksaan perangkat pembelajaran yang dimiliki guru, pelaksanaan pembinaan guru dan penilaian kinerja guru  4) Evaluasi strategi kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalitas guru di SMPN 2 Jatiwaras dan SMPN 2 Salopa Kabupaten Tasikmalaya telah dilakukan dengan baik karena dilakukan dengan sesuai dengan indikator seperti analisis hasil pelaksanaan strategi, analisis kelebihan dan kekurangan pelaksanaan kegiatan dan pemberian umpan balik (feedback) dan tindak lanjut.

 

Kata Kunci: strategi, kepala sekolah, profesionalitas guru


Full Text:

PDF

References


Akdon. 2009. Strategic Management For Educational Management. Alfabeta. Bandung

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Asep Umar Fakhruddin, 2009. Menjadi Guru Favorit (Pengenalan, Pemahaman, dan Praktek mewujudkannya),Yogyakarta: Diva Press

Danim, Sudarwan. 2012. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta : Rineka Cipta.

Dharma. Agus. 2001. Manajemen Supervisi. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

David, Fred R. 2006. Manajemen Strategi, Ed ke-10, Jakarta: Salemba Empat

Echols John M. dan Hassan Shadily, 2006. Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: PT Gramedia.

Fakhruddin Umar, A. 2009. Menjadi Guru Favorit Pengenalan, pemahaman, dan Praktek Mewujudkannya. Jogjakarta: Diva Press.

Fattah, Nanang, 2008, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.

Fattah, Nanang, 2009. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan,Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hermawan. Asep. 2009. Penelitian Bisnis Paradigma Kuantitatif. Jakarta : PT. Grasindo

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Pers

Khairil dan Sudarwan Danim. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Kunandar, 2008. Profesional Implementasi Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Kuncoro, Mudrajad. 2006, Strategi: Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta: Erlangga

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Rosdakarya.

Mudlofir Ali, 2012. Pendidik Profesional (Konsep, Strategi dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia) Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mujtahid, 2009. Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN Maliki Press.

Mulyasa, E. 2008, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. E. 2009. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslim Sri Banun, 2013. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kuaoitas Profesionalisme Guru. Bandung. Alfabeta

Pardede, Pontas M. 2011. Manajemen Strategik dan Kebijakan Perusahaan, Jakarta : Mitra Wacana Media.

Permadi dan Arifin.2007. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Komite Sekolah. Bandung:PT. Sarana Panca Karya Nusa.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahman, Nazarudin, 2009. Regulasi Pendidikan: Menjadi Guru Profesional Pasca Sertifikasi, Yogyakarta: Pustaka Felicha

Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru), Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sagala, Syaiful, 2009, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta.

Sahertian. 2008. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sanusi, A. dkk. 2009. Studi Pengembangan Model: Pendidikan Profesional Tenaga Kependidikan. Bandung: IKIP Bandung.

Satori Djam’an. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Satori Djam’an. 2008. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka

Satori. Djam'an. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. : Alfabeta

Satori Djam’an dan Aan Komariah. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta

Saud Udin Syaefudin. 2010. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

Siagian, P. Sondang. 2010. Teori dan Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka. Cipta.

Sudarma, Momon. 2013. Profesi Guru: Dipuji, Dikritisi dan Dicaci. Jakarta: Rajawali Press

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum Jamil. 2014. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Sutisna. 2008. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Sutopo. HB. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS

Usman, M. Uzer, 2006. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Usman, M. Uzer, 2007. Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Wahjosumidjo. 2008, Kepemimpinan Kepala Sekolah”Tinjauan teoritik dan Permasalahannya.Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.

Wijaya dan Rusyan. 2007. Menjadi Guru Professional. Bandung: PT Rosdakarya

Yamin Martinis, 2007. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta : Gaung Persada Press




URN: http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i2.9503

DOI: http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v1i2.950

URN (PDF): http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:4321ijemar.v1i2.950.g8468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal indexed by

   

Publisher Address :

Graduate Program  UNIVERSITAS GALUH

Jl. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis - West Java - Indonesia

phone/fax : 0265-776944 email : ijemar@unigal.ac.id

http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar