IMPLEMENTASI PP. NO. 27 TAHUN 2014 TENTANG PENGELOLAAN BARANG MILIK NEGARA/DAERAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN BARANG DAN JASA

Noviana Hartanto

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melihatimplementasi Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 tentang pengelolaan barang milik negara/daerah dalam upaya meningkatkan efektivitas pengelolaan barang dan jasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif adapun metode yang digunakan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari temuan lapangan ditemukan bahwa Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara di daerah dalam upaya meningkatkan efektivitas pengelolaan barang dan jasa yang meliputi perencanaan kebutuhan dan penganggaran, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan, penilaian, pemindahtanganan, pemusnahan, penghapusan, penatausahaan, dan pembinaan, pengawasan dan pengendalian secara umum telah dilaksanakan sesuai ketentuan di Kabupaten Ciamis. Namun derajat kesesuaiannya belum mencapai sebagaimana Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014. Kendala-kendala yang dihadapi yaitu Kualitas Sumber Daya Manusia aparatur barang masih perlu ditingkatkan, Keterbatasan sarana dan prasarana; Sistem informasi manajemen aset tetap masih perlu ditingkatkan. Upaya-upaya yang dilakukan yaitu Meningkatkan Kompetensi SDM melalui bimbingan teknis pengelolaan barang milik daerah secara konsisten dan berkesinambungan, pemenuhan sarana dan prasarana kerja bagi para pengelola barang daerah yaitu melalui pemberian komputer beserta printer bagi 7 Kelurahan dan 26 Kecamatan se-Kabupaten Ciamis. Pengembangan aplikasi sistem manajemen informasi barang daerah melalui peningkatan kapasitas sehingga mampu memenuhi data yang dibutuhkan, contohnya akumulasi penyusutan.

Full Text:

PDF

References


Atmosoeprapto, Kisdarto, (2012). Menuju SDM Berdaya. Jakarta : Elex Media.

Darise, Nurlan, (2009). Pengelolaan Keuangan Daerah. Jakarta : Indeks.

Dunn, William N., (2013). Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: UGM.

Gibson, James L, Ivancevich, John M, Donnely, James H, Jr, Adiarni, Nunuk (Penterjemah)., (2006). Organisasi, Perilaku, Struktur, Proses, Jakarta : Bina Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P., (2005). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mardiasmo, (2012). Prinsip-Prinsip Manajemen Dalam Pembiayaan Desentralisasi. Yogyakarta: FE-UGM.

Moleong, J., (2009). Lexy, Metode Kualitatif Edisi Revisi.

Osborn David and Plastrik, (2007). Banishing Bureacracy (The Five Strategy for Reinventing Government). New York : Addison-Wesley Publishing, Inc.

Widodo, Joko, (2009). Analisis Kebijakan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarno, Budi, (2012). Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogjakarta: Madia.

Syarifudin, D., & Herlina, E. (2009). Analisis Kemandirian Kinerja Kewilayahan Garut Selatan Menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB): Studi Pemekaran Daerah Garut Selatan di Kabupaten Garut. Jurnal Manajemen dan Pemasaran 13 (2), 49-66.

______, Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah.

______, Permendagri Nomor 17 tahun 2007 tentang pedoman teknis pengelolaan barang milik daerah




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v2i3.1799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________