ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUASAN KERJA PEGAWAI PUSKESMAS

Agung Gunawan, Aini Kusniawati

Abstract


Penelitian ini diarahkan untuk menganalisis faktor-faktor yang menentukan kepuasan kerja pegawai Puskesmas di Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Metoda yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif serta analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya faktor-faktor yang menentukan kepuasan kerja pegawai puskesmas yang antara lain: faktor gaji/kesejahteraan, hubungan antar pribadi/rekan kerja, mutu supervisi, karakteristik pekerjaan serta peluang untuk berkembang/promosi. Faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam menentukan kepuasan kerja pegawai Puskesmas antara lain: adanya ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan yang dirasakan oleh pegawai terkait dengan pemberian gaji atau kesejahteraan pegawai sehingga menyebabkan pegawai tidak merasa puas, kurangnya dukungan pegawai untuk membantu pegawai lainnya yang sedang melaksanakan pekerjaan sehingga menyebabkan pegawai kesulitan dalam mengatasi masalahnya, kurangnya pengawasan penyelesaian pekerjaan yang dilaksanakan oleh pegawai. Solusi dari faktor-faktor yang menentukan kepuasan kerja pegawai yang antara lain memperhatikan besarnya gaji kepada pegawai, melakukan analisis terhadap sistem penggajian dan memperhatikan kenaikan gaji berkala kepada pegawai serta memberikan tunjangan fungsional kepada pegawai, meningkatkan kompetisi pegawai dalam bekerja untuk memberikan pengakuan terhadap kemampuan yang dimiliki oleh pegawai, mengarahkan pegawai untuk dapat memberikan dukungan dalam bekerja serta menciptakan kondisi yang nyaman dalam bekerja, selain itu pegawai diberikan kesempatan untuk dapat mengembangkan kreativitasnya dalam bekerja serta memperjelas program promosi kepada pegawai.

Keywords


Analisis Faktor; Kepuasan Kerja

Full Text:

PDF

References


Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. (2006). Perencanaan dan Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Refika Aditama.

Bachtiar, I. (2004). Development stages and foreign direct investment: An analysis of Indonesia's recent experiences.

Hadian, M., & Pinsky, M. R. (2006). Evidence-based review of the use of the pulmonary artery catheter: impact data and complications. Critical Care, 10(3), S8.

Harnanik, H. (2013). Pembelajaran Kooperatif Jig Saw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas IV SDN 03 Lempong Jenawi Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Hidayati, R., Purwanto, Y., & Yuwono, S. 2011. Kecerdasan emosi, stres kerja dan kinerja karyawan. Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1).

Robbins SP, dan Judge. (2008). Perilaku Organisasi Buku 2, Jakarta: Salemba Empat.

Sulaeman, ES. (2009). Manajemen Kesehatan Teori dan Praktek di Puskesmas. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Syarifudin, D. (2011). Analisis Kondisi Infrastruktur Desa Tertinggal dalam perspektif Penanggulangan Kemiskinan: Wilayah Studi Kabupaten

Ciamis. Jurnal Pemasaran dan Sumberdaya Manusia Januari, 13, 67-91.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/mr.v3i2.2513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________