PROGRAM PROMOSI, PENGEMBANGAN PARIWISATA SERTA TARGET PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN CIAMIS

Aini Kusniawati, Sri Marten Yogaswara

Abstract


Rancangan pendapatan dan pengeluaran dana dari sektor pariwisata di kabupaten Ciamis tergambar dalam Rancangan Strategis (Renstra) Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis. Pada Renstra Perubahan SKPD Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis Tahun 2015-2019 terdapat komponen yang berkaitan erat dengan promosi pemasaran, yakni: Pendapatan Asli Daerah (PAD), Program promosi pemasaran pariwisata, serta program pengembangan dan pembangunan destinasi pariwisata. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil kajian memperlihatkan biaya promosi pemasaran pariwisata di Kabupaten Ciamis bila dibandingkan dengan jumlah promosi dan target jumlah wisatawan menunjukkan rerata menurun. Rerata beban untuk pembangunan sarana-prasarana destinasi pariwisata Kabupaten Ciamis untuk tahun 2015 sampai dengan tahun 2019 menunjukkan penurunan. Ditinjau dari sisi target wisatawan, maka setiap beban pengembangan destinasi pariwisata sebesar Rp. 1.996,96 diharapkan dapat menambah satu orang wisatawan yang berkunjung ke destinasi pariwisata di Kabupaten Ciamis. Kontribusi sektor pariwisata terhadap target pendapatan asli daerah dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2019 setelah dikurangi beban untuk membiayai promosi pariwisata menunjukkan suRp.lus sebesar Rp.3.253.601.500,-, namun bila dibandingkan dengan total beban pengembangan dan pembangunan sarana-prasarana destinasi pariwisata dari tahun 2015 hingga tahun 2019, maka target PAD lebih kecil dari beban-beban tersebut. Ditinjau secara keseluruhan, beban untuk melaksanakan program pariwisata lebih besar 45,18% dibandingkan dengan target pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata.

Keywords


Promosi;Pengambangan Pariwisata;Sarana Prasarana Pariwisata;Kunjungan Wisata;Pendapatan Asli Daerah

Full Text:

PDF

References


David.Freed R dan David, Forest R. (2015), Manajemen Strategik, Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Edisi 15. Terjemahan Puspasari, Novita dan Puspita. Liza Nurbani. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis. (2017). Rencana Strategis Perubahan Dinas Pariwisata Tahun 2015-2019. Ciamis: Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis.

Kusniawati, Aini. (2012). Implementasi Strategi Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Nilai Pelanggan Sektor Perhotelan serta Implikasinya pada Tingkat Penghunian Kamar. Disertasi Program Doktor Manajemen, FPS Universitas Pasundan: Tidak Diterbitkan.

Kementrian Pariwisata (2016), Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementerian Pariwisata Tahun 2015, Jakarta: Biro Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Kementerian Kementerian Pariwisata.

Purwanti, Novi Dwi., Dewi, Retno Mustika. (2014). Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Mojokerto Tahun 2006-2013. Jurnal Imiah, 2014.

Rantetadung, M. (2012). Analisis Pengaruh Dukungan Pemerintah dan Kunjungan Wisatawan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Nabire. Jurnal Agroforensi. 7 (1), 25-32

Ratman, Dadang Rizki. (2015). Rencana Strategis Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata Tahun 2015 -2019. Jakarta: Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata.

Soegoto, Eddy Soeryanto. (2010). Entrepreneurship: Menjadi Pebisnis Ulung. Jakarta: Elex Media Komputindo

Sofa. Konsep Penting Dalam Distribusi. http://massofa.wordpress.com/2009/¬0303/ konsep-penting-dalam-distribusi/ 17 Desember 2018.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Internet:

https://ichasyahfa.wordpress.com/tag/faktor-faktor-penting-dalam-pembangunan-pariwisata-indonesia/. Diunduh tanggal 25 Desember 2018

Wahyudi,Isa.http://cvinspireconsulting.com/pengembangan-sarana-dan-prasarana-daya-tarik-wisata/. Unduh 17 Desember 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/mr.v3i3.2870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________