POLA KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA UMKM EKONOMI KREATIF

Heri Siswanto, Elin Herlina, Nurdiana Mulyatini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pola knowledge management pada UMKM Ekonomi Kreatif CV. Laksana Three Karya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi kepustakaan dan tiangulasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Karakteristik knowledge management pada UMKM ekonomi kreatif CV. Laksana Three Karya didasarkan pada temuan proses knowledge management yang secara sederhana terjadi dilapangan meliputi knowledge discovering; knowledge capturing; knowledge applying; dan knowledge sharing; 2) Karakteristik industri kreatif pada UMKM ekonomi kreatif CV. Laksana Three Karya meliputi kreatifitas sebagai unsur utama usaha, berbasis pada ide dan gagasan, kegiatan usaha fleksibel dan sesuai dengan realitas, jenis produk banyak serta mudah ditiru dan learning by doing; 3) Pola knowledge management pada UMKM ekonomi kreatif CV. Laksana Three Karya meliputi kombinasi antara proses knowledge management yang terjadi secara sederhana dilapangan dengan SECI model. Knowledge management yang terjadi meliputi tahapan knowledge discovering, knowledge capturing, knowledge applying serta knowledge sharing. Pada proses knowledge sharing terdapat pola transfer knowledge seperti socialization, externalization, combination, internalization. Proses ini menghasilkan knowledge respository sebagai tempat menampung pengetahuan bagi pelaku internal dan eksternal guna meningkatkan daya saing usaha.

Keywords


Knowledge Management;UMKM;Ekonomi Kreatif

Full Text:

PDF

References


Astuti, P. D., (2017). Implementasi Knowledge Management Pada Usaha Kecil Menengah: Perspektif Critical Succes Factor (CSF). International Journal of Operations and Production Management.

Hasan, A., (2013). Identifikasi Dan Klasifikasi UKM. Perjanjian No: III/LPPM/2013-03/41-P.

Herlina, E., Syarifudin, D., & Mulyatini, N., (2018). Knowledge Transfer Dalam Konteks Spatial Creative Economy Untuk Mengurangi Kemiskinan Perdesaan di Kabupaten Ciamis. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen, 5(1), 273-282.

Iskandar, A., (2018). Pengaruh Personal Knowledge, Job Procedure Dan Technology Terhadap Kinerja Pegawai Organisasi Publik. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI).

K. Dalkir., (2005). Knowledge Management in Theory and Practice. Elsevier, pp.339,

Kusumadmo, E., (2013). Manajemen Strategik Pengetahuan. Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka.

Lina, T. N., (2017). Penerapan Framework Knowledge Management Pada Ukm Kulit Pari Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Geotik

Sugiyono, (2018). METODE PENELITIAN (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Tubagus, Ismail, (2014). Interactive Control System Dan Strategi Untuk Meningkatkan Pembelajaran Internal Studi Kasus Pada Industri Kreatif. Jurnal Organisasi dan Manajemen, Volume 10, Nomor 1, Maret 2014,1-14

_____, Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008 Tentang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/mr.v3i3.2905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________