MANAJEMEN STRATEGIK PEMASARAN PENDIDIKAN BERBASIS MEDIA SOSIAL

Neneng Nurmalasari, Imas Masitoh

Abstract


Penelitian ini menjelaskan gambaran tentang penggunaan media sosial sebagai manajemen strategi pemasaran di Madrasah Aliyah Yayasan Pondok Pesantren Babakan Jamanis. Manfaat media sosial sebagai alat pemasaran dalam dunia pendidikan pada era revolusi industri 4.0 ini menjadi p ilihan yang sangat tepat karena semakin mudah diakses oleh berbagai kalangan. Madrasah Aliyah Babakan Jamanis merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan manajemen pemasaran melalui media social. hal ini yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut, tentang bagaimana proses strategi pemasaran manajemen strategi pemasaran pendidikan yang berbasis media sosial. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen strategi pemasaran pendidikan berbasis media sosial yang digunakan diantaranya: facebook, instagram, dan youtube dengan mengidentifikasi terlebih dulu di lingkungan masyarakat yang kemudian menjadi strategi pemasaran pendidikan dengan menonjolkan prestasi lembaga tersebut. Pengelolaan pendidikan yang bersifat swasta, didukung dengan stakeholders dan fasilitas yang mendukung telah memberikan ciri khas dan kekuatan pada manajemen strategi pemasaran pendidikan di Madrasah Aliyah Yayasan Pondok Pesantren Babakan Jamanis.

Keywords


Manajemen Strategi; Pemasaran Pendidikan; Media Sosial

Full Text:

PDF

References


Ara Hidayat dan Imam, Machali, 2010 Pengelolaan Pendidikan “Konsep, Prinsip dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah”, Bandung: Pustaka Educa.

Buchari Alma, 2009 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.

Buchori Alma dan Ratih Hurriyati, 2007 Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus pada Mutu dan Layanan Prima, Bandung: Alfabeta.

Malayu Hasibuan, 2004 Dasar-dasar Perbankan, Jakarta: Bumi Aksara.

Malayu Hasibuan, 2005 Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta: Bumi Aksara.

Minarti Sri. 2011 Manajemen Sekolah (Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri), Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Muhaimin. 2012 Manajemen Pendidikan (Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah), Jakarta:Kencana Prenada Group.

Mulyasa Enco, 2002 Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi, Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Sedjati Metina Sri, 2012. Manajemen strategi. Yogyakarta: Deepublish.

Trisnawati Sule, Ernie, Pengantar Manajemen, Jakarta: Kencana

Umiarso dan Imam Gojali, 2010 Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan, “Menjual Mutu Pendidikan dengan Pendekatan Quality Control bagi Pelaku Lembaga Pendidikan”, Yogyakarta: IRCiSoD.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/mr.v4i3.4524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________