PELAKSANAAN PELAYANAN KEBERSIHAN OLEH BIDANG BINA MARGA DAN CIPTA KARYA DINAS PEKERJAAN UMUM, PERHUBUNGAN, KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN PANGANDARAN DI OBYEK WISATA PANGANDARAN

SUTRISNA SUTRISNA

Sari


Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa peningkatan pelayanan kepada masyarakat selama ini terkendala oleh sarana dan prasarana yang sudah kurang memadai sehingga penanganan dan pelayanan sampah di Kabupaten Pangandaran tidak berjalan optimal. Seperti halnya container, truk sampah, keranjang dorong bahkan beberapa, Berdasarkan latar belakang di atas, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah pelaksanaan pelayanan kebersihan?; 2) Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pelayanan kebersihan?; 3) Upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pelayanan kebersihan? Metode penelitian adalah metode kualitatif. Lamanya penelitian ini selama 9 bulan. Teknik pengumpulan data adalah studi kepustakaan, studi lapangan (observasi dan wawancara). Jumlah informan dalam penelitian ini adalah sebanyak 10 orang yang terdiri 5 orang pegawai dan 5 orang perwakilan masyarakat. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah data reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data) dan Verifikasi Data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa: 1) Pelaksanaan pelayanan kebersihan belum dilaksanakan dengan baik karena sebagian besar informan menyatakan kurang baik terhadap pelaksanaan pelayanan kebersihan kepada masyarakat. 2) Adanya hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan dalam pelayanan kebersihan karena petugas kurang didukung dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, kurangnya dukungan sumber daya manusia yang memiliki keampuan dalam memberikan pelayanan kebersihan, kurangnya anggaran yang tersedia untuk menambah kebutuhan operasional pelayanan kebersihan. 3) Adanya upaya antara lain melakukan penambahan anggaran dan pemeliharaan sarana dan prasarana fasilitas fisik seperti tong sampah, kendaraan pengangkut sampah dan beko yang memadai, memberikan perhatian secara pribadi kepada pelanggan sehingga petugas dapat memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat, memberikan pelayanan secara cepat kepada masyarakat dengan cara mengadakan pendidikan dan pengarahan kepada petugas baru.

Kata Kunci


Pelayanan Kebersihan; Bina Marga dan Cipta Karya dan Perhubungan Komunikasi dan Informatika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustinus S. Wahyudi. 1996. Manajemen Strategik. Jakarta: Binarupa Aksara.

Diana, Anastasia. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi.

Ibrahim, Amin. 2000. TQM Total Quality Management: Panduan Menghadapi Persaingan Global. Djambatan. Jakarta.

Moenir, H.A.S. 1995. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta. Bumi Aksara.

Rahmayanti, N. 2010. Manajemen Pelayanan Prima, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sedarmayanti. 2004. Good Governance: Membangun Sistem Manajemen Kinerja Guna Meningkatkan Produktivitas. Bandung: Mandar Maju.

Sinambela, Lijan Poltak. 2008. Reformasi Pelayanan Publik, Teori Kebijakan dan Implementasi. Bumi Aksara.

Sinambela, Lijan Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Syafi’l, Inu Kencana, Dkk. 1999. Ilmu Administrasi Publik. Jakarta: Rineka Cipta.

Tjiptono, F. 1996. Manajemen Jasa. Edisi I. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Widodo, Joko. 2001. Good Governance Telaah Dari Dimensi Akuntabilitas, Kontrol Biroksasi Pada Era Desentralisasi dan Otonomi Daerah. Insan Cendekia. Surabaya.

Yamit, Zulian. 2006. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Penerbit Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta.

Dokumen Perundang-undangan

Keputusan MENPAN No. 63/KEP.M.PAN/7/2003 tentang Pelayanan Publik Keputusan Menteri PAN No. 25 tentang Pelayanan Publik Tahun 2004.

Peraturan Bupati Pangandaran No. 13 tahun 2013 tentang Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Unsur Organisasi Dinas Pekerjaan Umum, Perhubungan, Komunikasi dan Informatika.




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v2i3.2752

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.