IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI OLEH UPTD PENDIDIKAN KEBUDAYAAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DI KECAMATAN KALIPUCANG KABUPATEN PANGANDARAN

SOHID PRIYANTO

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementasi kebijakan Pemerintah dalam penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Wilayah UPTD Dikbudpora Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran masih rendah.  Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Implementasi Kebijakan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)? 2) Bagaiaman hambatan-hambatan yang timbul dalam Implementasi Kebijakan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)? 3)  Bagaimana upaya yang dilakukan guna mengatasi hambatan-hambatan yang timbul dalam Implementasi Kebijakan dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)?  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.  Sumber data sebanyak 18 orang.  Data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan beberapa cara yaitu studi pustaka (literature study), studi lapangan (wawancara dan observasi).  Teknik pengolahan data kualitatif.  Teknik pengolahan data pendukung dari analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.  Berdasarkan pembahasan hasil penelitian bahwa: 1) Implementasi kebijakan dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini belum terlaksana dengan baik karena adanya permasalahan yang dihadapi petugas dalam melakukan pengelolaan PAUD sehingga belum sesuai dengan variabel-variabel yang mempengaruhi implementasi kebijakan.  Berdasarkan observasi diketahui bahwa dalam penyelenggaraan PAUD belum optimal.  2)  Adanya hambatan-hambatan dalam penyelenggaraan PAUD seperti kurangnya dukungan sumber dana yang memadai, kebanyakan PAUD masih menumpang di tempat lain, kurangnya peran serta masyarakat.  Begitupula dengan hasil observasi diketahui bahwa kebanyakan PAUD belum memiliki sarana dan prasarana yang memadai, kurangnya anggaran yang mendukung, kurangnya sumber daya manusia yang memadai. 3) Melakukan berbagai upaya dalam penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini dengan cara menambah berbagai sarana dan prasarana secara bertahap, melakukan kerjasama dengan masyarakat dan melaksanakan pelatihan bagi petugas pelaksana. 

Kata Kunci


Implementasi; Penyelenggaraan Pendidikan; Anak Usia Dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustino, Leo. 2006. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung : CV. Alfabeta

Islami, Irfan. 1997. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Solehuddin. 1997. Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung : FIP IKIP Bandung

Sudiyono. 2007. Dari Formulasi Ke Implementasi Kebijakan Pendidikan. Bandung : Mandar Maju.

Sudjarwo, H. 2001. Metodologi Penelitian Sosial. Bandung : Mandar Maju.

Sujiono, Yuliani Nuraeni. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT. Indeks.

Surakhmad, Winarno. 2004. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik. Bandung : Tarsito.

Wahab, Solichin Abdul. 2010. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang Press.

-----------------------------. 2012. Analisis Kebijaksanaan dari Formulasi Ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta : Bumi Aksara.

Winarno, Budi. 2002. Teori dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta : Madia Pressindo.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 14.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar PAUD.

Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan




DOI: http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v1i3.2836

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by4.footer##

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.