UNFORGETTABLE EXPERIENCE DALAM PENDEKATAN PEMASARAN FESTIVAL PARIWISATA DI PANGANDARAN

Tine Badriatin, Lucky Radi Rinandiyana

Abstract


Pariwisata merupakan salah satu aspek pendukung perolehan PAD dan mampu memengaruhi pertumbuhan ekonomi. Salah satu kegiatan pariwisata adalah dengan menyelenggarakan festival untuk menarik kedatangan turis atau pengunjung. Untuk memberikan kesan tak terlupakan, maka kegoatan festival seharusnya diselenggarakan dengan mencakup pengalaman ekonomi (experience economy) yaitu; edukasi, hiburan, pelarian dan estetika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan hasil bahwa secara teoritis pengalaman tak terlupakan dari sebuah festival pariwisata telah memenuhi tuntutan enam dimansi yang ada, seperti pengalaman pendidikan (education experience), Pengalaman hiburan (entertainment experience), Pengalaman (Escapism experience), Pengalaman estetik (Esthetic experience), Penyelenggaraan secara personal (Festival personality). (Festival reputation).

Keywords


Unforgettable Experience, Marketing Approach, Tourism Festival

Full Text:

PDF

References


Buchari. Alma. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa.Jakarta: Rineka Cipta

Kusudianto. 1996. The Experience Economy Approach to Festival Marketing: Vivid Memory and Attendee Loyalty”. Journal of Services Marketing 28/1 22-35.

Manullang dan Hutabarat. 2016. Manajemen pemasaran jasa, Yogyakarta Indo media Pustaka.

Nasrullah dkk. 2010. Media Sosial. Bandung : Gramedia

Pitana. 2009. Festival Kepariwisataan. Bandung : Gramedia

Ricardon dan Fluker. 2004. Managing Educational Tourism”.Channel View Publication, Clevedon.

Weaver dan Lawton, 2014.“Innovation in the experience economy”. A taxonomy of innovation organization, 4th, The Services Industries Journal




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v7i3.10601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________