UNFORGETTABLE EXPERIENCE DALAM PENDEKATAN PEMASARAN FESTIVAL PARIWISATA DI PANGANDARAN
Tine Badriatin, Lucky Radi Rinandiyana
Abstract
Pariwisata merupakan salah satu aspek pendukung perolehan PAD dan mampu memengaruhi pertumbuhan ekonomi. Salah satu kegiatan pariwisata adalah dengan menyelenggarakan festival untuk menarik kedatangan turis atau pengunjung. Untuk memberikan kesan tak terlupakan, maka kegoatan festival seharusnya diselenggarakan dengan mencakup pengalaman ekonomi (experience economy) yaitu; edukasi, hiburan, pelarian dan estetika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan hasil bahwa secara teoritis pengalaman tak terlupakan dari sebuah festival pariwisata telah memenuhi tuntutan enam dimansi yang ada, seperti pengalaman pendidikan (education experience), Pengalaman hiburan (entertainment experience), Pengalaman (Escapism experience), Pengalaman estetik (Esthetic experience), Penyelenggaraan secara personal (Festival personality). (Festival reputation).
Keywords
Unforgettable Experience, Marketing Approach, Tourism Festival