IMPLEMENTASI MANAJEMEN SEKOLAH PILOTING DALAM UPAYA PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK PASCA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Cilacap)

Agus Darwanto, Enas Enas, Oyon Saryono

Abstract


Pandemi Covid-19 telah menurunkan tingkat capaian penguatan karakter peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen sekolah piloting di SMP Negeri 1 Cilacap diterapkan dalam memperkuat karakter peserta didik pasca pandemi Covid-19, mengidentifikasi kendala-kendala yang muncul selama proses implementasinya, serta solusi yang ditempuh oleh pihak manajemen sekolah. Dalam penelitian ini digunakan metodologi deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan desain studi kasus (case study) dengan model input, proses, output, dan outcome. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara serta data sekunder dari berbagai literatur. Pemilihan informan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen human instrument melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang terlibat dalam penelitian ini mencakup berbagai stakeholder, seperti kepala sekolah, guru, satgas Covid-19, peserta didik, komite sekolah, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap. Analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi dengan menggunakan triangulasi. Sebelum pandemi Covid-19, penerapan manajemen sekolah piloting di SMP Negeri 1 Cilacap terbukti berhasil meningkatkan penguatan karakter peserta didik hingga mencapai angka 98,9%. Namun, kendala yang dihadapi adalah pembelajaran daring dan sulitnya melakukan pendampingan karakter peserta didik yang terdampak PPDB sistem zonasi, sehingga tingkat capaian menurun menjadi 70%. Solusi yang ditempuh adalah optimalisasi fungsi manajemen POAC, peningkatan kapasitas guru, dan pengintensifan pembiasaan, keteladanan, dan pendampingan karakter peserta didik melalui aktivitas di sekolah. Melalui upaya ini tingkat capaian meningkat menjadi 75% pada tahun 2021 dan 85% pada tahun 2022. Pasca pandemi Covid-19, integrasi antara penerapan PPK dengan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) terbukti berhasil meningkatkan output dan outcome yang dicapai sekolah dan prestasi yang diraih oleh peserta didik

Keywords


karakter, pandemi, peserta didik, piloting, SMP Negeri 1 Cilacap

References


Baharun, H., Enas, E., & Noviana, R. L. (2022). Quality Improvement As A Strategy to Build Pesantren’s Brand Credibility. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 529–538. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1583

Budianto, A., Darmawati Bastaman, I., & Herman, F. (2020). PROMOTION MIX, INDIVIDUAL INTERNAL ENVIRONMENT, AND PURCHASE DECISION MAKING IN MINIMARKET. In Jurnal Bisnis dan Manajemen (Vol. 21, Issue 1).

Dadi, D. (2021). Women Empowerment in Indonesia: Community Learning Activity Center Programs. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1823–1834. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1152

Darna, N., Faridah, E., Lestari, M. N., & Tinia, A. G. (2024). TALENT MANAGEMENT IN FACING THE DEMAND OF ENVIRONMENTAL CHANGES: A STUDY IN GALUH UNIVERSITY. Sosiohumaniora, 26(1), 79–85. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v26i1.47161

Darna, N., Setiawan, I., Basari, M. A., & Kasman, K. (2024). JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Smart strategy in statistics: choosing appropriate test tools for data and hypotheses in quantitative research-NC-SA license (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0). 10(2), 843–851. https://doi.org/10.29210/020243691

Mulyatini, N., Herlina, E., Akbar, D. S., & Eko Prabowo, F. H. (2023). Analisis potensi pembentukan kawasan industri hasil tembakau dalam perspektif ekonomi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(1), 334. https://doi.org/10.29210/020231920

Mulyatini, N., Herlina, E., Faridah, E., & Rozak, D. A. (1860). Human Capital Management Model: A Perspective of Internal Supervision In Indonesia. Talent Development & Excellence, 12(1), 1860–1868. http://www.iratde.com

Nuryani, L. K., Enas, E., Herman, M., Wahyudi, E., & Dianawati, L. (2022). Teachers’ Perceptions of Academic Supervision in a Pandemic Era; Phenomenological Review. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 679–692. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i3.3646

Rahman Sukmara, A., Priadana, S., Machmud, S., Yusuf, E., & Affandi, A. (2022). The Influence of Organizational Culture, Human Resource Capacity Development, and Empowerment of Human Resources on Affective Commitment and Loyalty, and Its Implications on Employee Performance (A Survey on Employees of PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Operational Area 2 Bandung). International Journal of Artificial Intelegence Research, 6(1). https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.2.927

Sari, P., Muzaki, I. S., Mulyatini, N., Faridah, E., & Prawiranegara, B. (2019). LOCAL OWN REVENUE, DECENTRALIZATION AND LOCAL FINANCIAL INDEPENDENT. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(3), 250. https://doi.org/10.25124/jmi.v19i3.2413

Surjaatmadja, S., & Kusniawati, A. (2020). The pharmaceutical cooperatives performance indicators, based on balance scorecard. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(2), 499–506. https://doi.org/10.5530/srp.2020.2.76




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v9i4.10648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________