PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI

Irma Mulyasari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dan kompetensi secara simultan terhadap kinerja pegawai pada penyuluh KB di BKBPPKabupaten Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Untuk menganalisanya menggunakan analisa data uji statistik korelasi dan regresi ganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil analisis membuktikan bahwa : 1) Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Artinya semakin baik kecerdasan emosional maka semakin meningkat pula kinerja pada Penyuluh Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Garut. Lebih lanjut berkenaan dengan kecerdasan emosional ditemukan indikator yang perlu lebih dioptimalkan berkenaan dengan keterampilan dalam berkomunikasi; 2) Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Artinya semakin baik kompetensi maka semakin meningkat pula kinerja pada Penyuluh Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Garut. Lebih lanjut berkenaan dengan kompetensi ditemukan indikator yang perlu lebih dioptimalkan berkenaan dengan daya tanggap terhadap masalah; 3) Kecerdasan emosional dan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Artinya semakin baik kecerdasan emosional dan kompetensi maka semakin meningkat pula kinerja pada Penyuluh Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Garut.

Full Text:

PDF

References


Hariwijaya, M., (2005). Tes Intelegensi Cara Akurat Mengukur Kecerdasan Intelektual Anda.

Ishizuka, T., Nakatani, K., & Gibson, E. (2003). Relative clause extraction complexity in Japanese. In Poster presented at the 16th annual CUNY conference on human sentence processing, Massachusetts Institute of Technology, Cambridge, MA.

Mangkunegara, A. P., & Prabu, A. (2005). Evaluasi kinerja sumber daya manusia. Bandung: Refika Aditama.

Novitasari, N. N., (2003). Pengaruh Stress Kerja Terhadap Motivasi kerja dan Kinerja Karyawan PT. HM Sampoerna Tbk. Surabaya.

Palan, R., (2007). Competency Management: Teknik Mengimplementasikan Manajemen SDM Berbasis Kompetensi untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi. Jakarta: PPM.

Prihadi, (2005). Assessment Centre, Identifikasi, Pengukuran dan Pengembangan Kompetensi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Robbins, (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta : PT. Indeks.

Roe, R. A., (2001). Pengertian Kompetensi. Tersedia: http://www. docstoc. com/[19 April 2009].

Suparno, E., (2005). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja, dan Kecerdasan Emosional Guru terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri Se–Rayon Barat Kabupaten Sragen (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v2i2.1786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________