PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH KULIAH DI POLITEKNIK LP3I MEDAN KAMPUS MEDAN BARU

Sri Eka Wulandari, Amrin Fauzi, Arlina Nurbaity Lubis

Abstract


Brand image, harga, fasilitas dan minat merupakan salah satu faktor yang dapat membuat mahasiswa memutuskan untuk memilih kuliah di Politeknik LP3I Medan Kampus Medan Baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh brand image, harga dan fasilitas terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di Politeknik LP3I Medan Kampus Medan Baru melalui minat sebagai variabel intervening. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 225 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa brand image, fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa. Sedangkan harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat mahasiswa. Minat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah brand image, fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah dan harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah.

Keywords


Brand image; Harga; Fasilitas; Minat; Politeknik LP3I Medan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali (2012) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Febriyanti and Wahyuati (2016) ‘Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli’, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(5).

Ghozali, I. (2013) Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P. and Amstrong, G. (2012) Prinsip-Prinsip Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. and Keller, K. L. (2009) Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Muhibbin, S. (2013) Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sinulingga, S. (2013) Metode Penelitian. Medan: USU Press.

Sugiyono (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2011) Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/mr.v4i1.2680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________